Banten Juara Runner Up PAD Secara Nasional

Kepala Bapenda Banten, Opar Sohari. (Foto: TitikNOL)
Kepala Bapenda Banten, Opar Sohari. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berhasil meraih juara runner up pada bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2022.

Demikian hal itu terungkap saat ekspose PAD Banten Tahun 2022 di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten, Selasa (28/6/2022).

Capaian tersebut, berdasarkan hasil pendapatan PAD yang berhasil dikumpulkan Bapenda Banten, per tanggal 11 Juni 2022 kemarin saja, Pemprov Banten berhasil mengumpulkan PAD Banten sebesar 41,43 persen dari total Rp 7,7 triliun pada tahun ini.

Atas hal itu, Pemprov Banten pun mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri atas capaian yang telah diraih.

"Alhamdulilah, per 11 Juni 2022 kemarin saja, kita (Pemprov Banten) sudah bisa mengumpulkan sebesar 41,43 persen (PAD) dan mendapatkan apresiasi dari Kemendagri," terang Kepala Bapenda Banten, Opar Sohari.

Sebelumnya, Pemrov Banten selalu berada pada posisi lima besar soal PAD, berbeda tahun ini, Pempeiv Banten berhasil menduduki posisi ke-2.

Sambung Opar, pihaknya optimis akhir tahun 2022, Pemprov Banten bisa meraih peringkat pertama, soal capaian PAD.

Semua itu, masih kata Opar, hasil kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari pihak kepolisian dan Kejaksaan dalam mendongkrak PAD Provinsi Banten Tahun 2022. Termasuk awak media yang telah ikut serta mensosialisasikan kebijakan yang dikeluarkan Pemprov Banten kepada masyarakat agar mematuhi kewajibannya membayarkan pajaknya yamg menjadi kewenangan Pemprov Banten.

"Terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah ikut bekerjasama dalam penegakan pajak. Kepada Kejaksaan yang ikut melakukan penagihan pajak dan media yang ikut mensosialisasikan program-program luncuran Pemprov," ujar Opar.

Belum cukup, masih kata Opar, berbagai potensi pajak yang menjadi kewenangan Pemprov Banten juga akan terus digali dan ditingkatkan dalam mendukung Pembangunan Banten kedepan nantinya.

Tidak hanya pajak kendaraan bermotor, setidaknya ada 6 potensi pajak yang menjadi kewenangan Pemprov Banten.

Senada, Kabid Pendapatan Bapenda Banten Budi Budiman mengatakan, upaya meningkatkan PAD Banten salah sarunya dengan memaksimalkan aset-aset yang ada milik Pemprov Banten, seperti Danau misalnya agar bisa menjadi potensi pendapatan daerah. (ADV)

Komentar