Beri Pendampingan Latihan Kerja di BBPLK Serang, Jurus Disnakertrans Kurangi Pengangguran

SERANG, TitikNOL – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang menggulirkan program pelatihan kerja guna meningkatkan kualitas keteranpilan. Upaya itu bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran.

Pelatihan itu dibimbing dan dibina di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang. Peseeta yang mengikuti kebanyakan lulusan SMA maupun SMK.

Sekdis Disnakertrans Kabupaten Serang, Diana Ardhianty Utami mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan khusus warga Kabupaten Serang. Ada 16 orang diberikan pelatihan BBPLK. Hal itu sudah dimulai semenjak 2019.

"Kita sudah berjalan program pelatihan keterampilan di BBPLK Serang, pada bulan Juli 2019 sebanyak 16 orang. Dilatih memakai dana APBD selama 2 tahun, dan sekarang semester terkhir pada 2021," katanya kepada TitikNOL, Jumat (30/7/2021).

Selain dengan BBPLK Serang, pihaknya juga bekerjsama dengan BBPLK Bekasi, Bandung, dan Lembang. Hal itu dilakukan agar keterampilan yang dimiliki peserta sesuai dengan kebutuhan perusahaan di berbagai daerah.

"Biasanya mah kita kirim ke Bekasi. Namun kali ini di BBPLK Serang, dan pelatihan Tekhnisi Ahli Las Listrik selama 2 tahun," jelasnya.

Ia menerangkan, bagi peserta yang sudah selesai latihan, akan langsung disalurkan ke perusahaan yang membutuhkan. Sehingga dengan cepat memiliki pekerjaan dan penghasilan.

Menurutnya, sudah ada beberapa bidang keterampilan yang dilatih kepada masyarakat. Di antaranya, barista, servic AC, hidroponik, budidaya ikan, dan beragam jenis pelatihan lainya.

"Biasanya ada magang terlebih dahulu bagi warga yang mengikuti pelatihan, dan kita lebih mengutamakan masyarakat Kabupaten Serang. Dikarenakan kita ingin membekali sedikit ilmu, sebelum masuk dunia kerja maupun wirausaha," terangnya. (ADV)

Komentar