BPBD Kabupaten Serang Beri Tips Aman Mudik Ramadhan 2023 agar Rumah Terhindar Kebakaran

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma. (Foto: TitikNOL)
Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Mudik merupakan budaya masyarakat untuk bertemu keluarga pada momen lebaran usai menjalankan puasa ramadhan.

Namun kegiatan itu kerap menimbulkan masalah akibat keteledoran masyarakat saat meninggalkan rumah untuk mudik.

Untuk kemanan, BPBD Kabupaten Serang memberikan tips aman saat mudik lebaran ramadhan agar rumah terhindar dari kebakaran.

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma, tips aman mudik lebaran ramadhan 2023 sangat mudah diterapkan, tapi kerap dihiraukan masyarakat.

"Pokonya perhatikan instalasi listrik, agar tidak terjadi kebakaran saat mudik lebaran Ramadhan 2023," katanya, Jumat 31 Maret 2023.

Yang tidak kalah penting, jauhkan barang yang mudah terbakar dari saluran listrik, dan cabut semua saluran listrik saat mudik.

"Sehingga Ketika mudik Ramadhan 2023 terhindar dari kebakaran. Jangan lupa tebang pohon besar di pinggir rumah dan waspada melihat situasi kondisi sekitar. Ketika berbahaya segera singkirkan," tuturnya.

Ini tujuh tips aman mudik lebaran ramadhan 2023 versi BPBD Kabupaten Serang:

1. Menyalakan Lampu Teras

Lampu teras yang tidak dinyalakan akan menyebabkan rumah terlihat gelap pada malam hari. Sehingga hal itu menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah.

Lampu teras dan sebagian lampu di dalam ruangan sebaiknya dinyalakan agar menghindari potensi maling.

2. Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci

Mengunci pintu dan jendela rumah merupakan hal terpenting yang wajib dilakukan oleh para pemudik.

Hal ini merupakan langkah dasar untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik. Ada baiknya juga menambahkan gembok untuk membuat rumah lebih aman.

Selain itu, jangan menyimpan kunci di tempat-tempat yang mudah diketahui orang, seperti di bawah rak sepatu, pot bunga maupun keset.

3. Cabut Barang Elektronik dari Stop Kontak

Hal yang tidak kalah penting saat meninggalkan rumah karena mudik lebaran yaitu dengan mencabut barang-barang elektronik dari stop kontak.

Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Di rumah biasanya terdapat beberapa perangkat elektronik seperti televisi, radio, lemari es, mesin cuci, dispenser, dan lain sebagainya.

Sebelum pergi mudik, pastikan barang-barang elektronik tersebut sudah tidak menyala.

4. Tidak Meninggalkan Barang Berharga

Barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah, dan lain sebagainya sebaiknya tidak tinggalkan di rumah.

Hal itu bisa menitipkannya di safe deposit box di bank atau di kantor kepolisian. Jika mudik menggunakan kendaraan umum, bawa juga kunci kendaraan bermotor Anda beserta surat-suratnya.

5. Lapor RT atau RW Setempat

Jangan lupa juga untuk melapor kepada petugas keamanan, satpam kompleks dan tetangga bahwa Anda akan pergi selama libur lebaran.

Tinggalkan juga nomor ponsel yang aktif agar mereka dapat menghubungi Anda jika terjadi apa-apa atau hal penting yang terjadi.

6. Memasang Detektor di Pintu dan Jendela

Rumah yang kosong biasanya akan menarik perhatian para pencuri. Kebanyakan pencuri akan merangsek masuk ke dalam rumah dengan membobol jendela atau pintu.

Maka dari itu, jendela dan pintu bisa Anda pasang dengan detektor untuk mendeteksi pergerakkan di dekatnya.

Detektor pintu dan jendela menggunakan sirkuit magnetik untuk mengirimkan peringatan ke smartphone Anda ketika pintu atau jendela dibuka secara paksa.

7. Lepas Regulator Gas

Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran, sebaiknya Anda juga melepas regulator tabung gas sebelum pergi.

Selain itu, pastikan juga tabung gas dalam keadaan aman agar mencegah terjadinya kebocoran gas.

Jika ingin lebih aman lagi, gas di dalam tabung sebaiknya dikosongkan.

Cara ini wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat kebocoran tabung gas. (ADV)

Komentar