Faktor Kecelakaan di Jalan yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi Kecelakaan jalan. (Dok: Liputan6)Ilustrasi Kecelakaan jalan. (Dok: Liputan6)

SERANG, TitikNOL – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang selama ini masih kerap terjadi di sejumlah ruas jalan di Provinsi Banten.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten, Revri Aroes menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tak jarang menelan korban jiwa tersebut. Faktor tersebut bisa berupa kelalaian si pengemudi maupun faktor lain seperti kondisi jalan.

Dalam lalu lintas, menurut Revri, Dishubkominfo mempunyai tanggung jawab dalam pemasangan marka atau rambu-rambu jalan di sepanjang ruas jalan Provinsi Banten. Rambu atau marka tersebut berfungsi sebagai alat perhatian maupun peringatan bagi pengemudi.

“Kita saat ini sedang terus berupaya melengkapi rambu dan marka, seperti penerangan jalan, kaca cembung, penunjuk arah dan yang lainnya,” ujar Revri, Rabu (23/11/2016).

Revri mengakui sejauh ini masih mengalami kekurangan marka dan rambu, namun itu bukan karena pihaknya enggan memasang atau acuh. Namun itu terjadi karena keterbatasan dana.

“Karena itu kita mengajukan anggaran untuk pengadaan marka dan rambu itu, ini untuk kepentingan keselamatan pengguna jalan juga,” ujarnya.(Adv)

Komentar