Sabtu, 20 Juli 2024

Gelar Banten Book Fair 2023, Kepala DPK Banten: Kami Buka Akses Buku untuk Masyarakat

SERANG, TitikNOL - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Provinsi Banten menggelar kegiatan Banten Book Fair 2023.

Acara Banten Book Fair 2023 ini berlangsung di halaman gedung Dinas Perpusda Banten mulai hari ini Selasa, 16 Mei 2023 hingga Sabtu, 20 Mei 2023 mendatang.

Mengenai Banten Book Fair 2023, Kepala Perpusda Provinsi Banten, Usman Asshiddiqi Qohara menyampaikan bahwa semangat minat baca harus terus disuarakan.

Pasalnya, dengan berlangsungnya kegiatan Banten Book Fair 2023, masyarakat Provinsi Banten khususnya bisa melihat buku langsung dari sumbernya.

Selain itu, Usman menyampaikan bahwa indikator persoalan literasi di Provinsi Banten ini bukan berpangku pada minat baca.

Menurut Usman, indikator literasi untuk masyarakat sendiri merupakan akses masyarakat Banten terhadap buku.

"Maka, ini jadi tanggung jawab dinas perpustakaan untuk membuka akses itu, sehingga ketika masyakat ingin baca ada atau bisa mengakses langsung," jelas Usman pada Selasa, 16 Mei 2023.

"Karena buku bukanlah barang murah, ada juga orang yang tidak sanggup beli buku, jadi tugas kami menyediakan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Usman menjelaskan, inti dari kegiatan Banten Book Fair 2023 ini merangsang minat baca masyarakat Banten.

Sebab, menurutnya, buku merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting bagi masyarakat Banten.

"Bahkan, kemajuan hidup seseorang akan dimulai dari peengetahuan atau ilmu yang luas," tuturnya.

Lewat Banten Book Fair, Usman ingin masyarakat Banten sadar akan pentingnya buku sebagai salah satu sumber untuk membangun kecerdasan dan keberdayaan.

Sementara, Kepala Bidang Perpustakaan Perpusda Banten, Evi Syaefudin menjelaskan bahwa kegiatan Banten Book Fair 2023 berlangsung dengan beberapa rangkaian acara.

Evi menyebutkan bahwa Banten Book Fair 2023 ini terdiri dari beragam rangkaian acara yang berbeda hingga Sabtu, 20 Mei 2023 mendatang.

"Bukan sekadar pameran buku saja, tapi ada juga talkshow, bedah film, bedah buku, dan kegiatan lainnya," tutur Evi.

Demi memeriahkan semarak kegiatan Banten Book Fair 2023 ini, Evi juga menyebutkan bahwa pihaknya juga turut mengundang penulis ternama dan Duta Baca Indonesia yakni Gol A Gong.

Sementara, untuk penulis ternama yang direncanakan akan hadir dalam kegiatan Banten Book Fair 2023 tersebut adalah penulis buku Dilan dan juga Ancika, yakni Pidi Baiq. (ADV)

Komentar
Tag Terkait