Genjot Pendapatan Daerah, Ini yang Dilakukan DPPKAD Banten

Kepala DPPKD Provinsi Banten Nandy Mulya. (Dok: bantenprov)
Kepala DPPKD Provinsi Banten Nandy Mulya. (Dok: bantenprov)

SERANG, TitikNOL – Pemerintah Provinsi Banten terus melakukan upaya untuk menaikan pajak kendaraan bermotor. Adapaun cara yang dilakuka saat ini dengan mengoperasikan Samsat Gendong.

Apa itu Samsat Gendong dan bagaimana teknisnya? Dalam pengoperasiannya, petugas di Samsat Gendong menggunakan sepeda motor dan mendatangi langsung warga yang akan membayar pajak. Petugas itu membawa peralatan adminsitrasinya digendong menggunakan tas.

Dikatakan Kepala DPPKD Provinsi Banten Nandy Mulya, saat ini Samsat Gendong sedang dicanangkan oleh Samsat di Kota Serang. Diharapkan, dengan adanya Samsat Gendong, akan meningkatkan pembayaran pajak.

“Programnya sedang dicanangkan Samsat Kota Serang supaya masyarakat lebih mudah memenuhi kewajibannya. Uang yang telah dibayarkan wajib pajak langsung dilaporkan sehingga datanya dapat ter-record,” kata Nandy, disela acara peluncuran program peningkatan pelayanan di UPT DPPKD Provinsi Banten, di kantor Samsat Kota Serang, Kamis (14/4/2016).

Menurut Nandy, Samsat Gendong juga akan mempu mencegah kebocoran pendapatan pajak kendaraan bermotor. Terlebih saat ini sudah dibuat sistemnya.

“Sistem pajak kendaraan bermotor sudah online. Pajak terhutang pun dapat diketahui. Era teknologi sudah ada sistemnya. Gerai Samsat tersebar di lokasi yang mudah dijangkau,” lanjut Nandy.

“Bagi wajib pajak yang juga rajin membayar pajak akan kita adakan reward. Misalnya, yang pertama kali datang ke mobil Samsat Keliling, lalu minta dilayani, akan diberikan hadiah. Ini barangkali salah satu rangsangan agar wajib pajak membayar pajak,” tukasnya. (Adv)

TAG dppkd
Komentar