Senin, 22 Juli 2024

Ini Skala Prioritas Pembangunan di Kabupaten Serang dalam Sejahterakan Rakyat

Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana. (Foto: TitikNOL)
Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang berkomitmen untuk menggelar pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Pemkab Serang memiliki skala prioritas program kerja dalam rangka meningkatkan pelayanan.

Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana mengatakan, pembangunan Puskembak menjadi program utama yang telah dituangkan dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

Hal itu sudah menjadi konsep pembangunan dari Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah yang progresnya dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Puspemkab itu yang menjadi konsep beliau (Tatu), kita support abis,” katanya.

Tidak hanya itu, Pemkab Serang juga telah meningkatkan kewenangan jalan desa menjadi kewenangan kabupaten.

Pengambilalihan kewenangan dilakukan pasca Pemkab Serang tuntas membangun infrastruktur jalan dengan betonisasi sepanjang 601,13 kilometer.

Menurut Rachmat, infrastruktur yang baik akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Serang. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Infrastruktur ngampu jalan desa, kalau jalan kabupaten tinggal pemeliharaan, dari seribu kita ampu 400 km,” paparnya.

Ia menerangkan, pemberian bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu), layanan kesehatan dan pendidikan menjadi fokus jangka panjang Pemkab Serang.

Evaluasi perencanaan telah dilakukan Bappeda agar organisasi perangkat daerah (OPD) menggulirkan program sesuai dengan target dalam RKPD.

“Dalam pembangunan jangka panjang, kita lagi persiapan. RKPD perubahan sudah, sekarang sudah jalan, nyiapin evaluasi perencanaan sudah masuk akhir dan mulai lagi di 2025,” tutupnya. (ADV)

Komentar