Ketua DPRD Banten Deklarasi Kampanye Damai Bersama KPU Banten

Deklarasi kampanye damai pemilu serentak tahun 2019 di Aula KPU Provinsi Banten.Deklarasi kampanye damai pemilu serentak tahun 2019 di Aula KPU Provinsi Banten.

SERANG, TitikNOL - Ketua DPRD Provinsi Banten H. Asep Rahmatullah mengikuti deklarasi kampanye damai pemilu serentak tahun 2019 di Aula KPU Provinsi Banten, Jumat (22/3/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Kampanye Rapat Umum. Hadir dalam kegiatan tersebut dihadiri peserta pemilu, turut hadir Ketua Bawaslu Banten, Polda Banten, Korem, Kesbangpol dan instansi terkait lainnya.

Asep berharap, deklarasi pemilu serentak tahun 2019 di Provinsi Banten ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan penguatan antar lembaga dan masyaraat dalam menciptakan pestademokrasi yang adil, jujur, dan bermartabat. “Semoga deklarasi pemilu serentak tahun 2019 ini dapat menciptakan pemilu yang bermartabat,” harapnya.

Saat membuka acara, Ketua KPU Provinsi Banten Wahyul Furqon menyampaikan, bahwa kegiatan hari ini untuk mengingatkan kembali dan menagih komitmen yang sudah diucapkan dan ditandatangani pada deklarasi damai 23 September 2018 lalu bahwa proses demokrasi yang berjalan di bumi Banten akan dilaksanakan dengan aman dan damai.

Dalam pelaksanaan kampanye rapat umum, Wahyul berharap peserta pemilu berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai penyelenggara, Wahyul berkomitmen menjaga integritas dan berlaku adil. “Kami sebagai penyelenggara tetap merawat dan menjaga integritas, siapa pun harus diberlakukan adil, kita tidak tebang pilih bahwa peraturan berlaku untuk semua, dan semua harus taat dan patuh pada asas dan aturan,” tuturnya.

Menurutnya, peran masyarakat dalam menciptakan kampanye damai juga menjadi penting agar masyarakat tidak terlibat politik uang, politisasi agama, isu hoax dan sara yang mencederai pemilu 5 tahunan ini. “Kita ingn parlemen kita, pemerintahan kita, ini hebat dan bersih, dan tentunya ini lah proses yang akan kita lampaui, ayo kita hindari money politic, ayo kita hindari politisasi agama, kita hindari hoax, untuk meneguhkan ini harus ada kesadaran kolektif warga,” katanya.

Diakhir acara, peserta pemilu membacakan deklarasi kampanye damai yang dipimpin oleh Anggota KPU Banten Eka Satialaksmana dilanjut dengan penandatanganan deklarasi. Peserta pemilu 2019 bertekad dan berjanji mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. Melaksanakan kampanye yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang. Dan melaksanakan kampanye berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. (Adv)

Komentar