Ketua DPRD Gagas Koperasi untuk Ojek Online

Ilustrasi. (Dok: Realita)Ilustrasi. (Dok: Realita)

SERANG, TitikNOL - Ribuan pengemudi ojek online mengikuti reses yang diadakan DPRD Provinsi Banten. Dalam reses tersebut, DPRD sepakat untuk menggagas pembentukan koperasi simpan pinjam bagi pengemudi ojek online supaya kehidupannya menjadi lebih baik.

Menurut Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, koperasi yang diberi nama Koperasi Simpan Pinjam Ojek Online Serang, Cilegon, Pandeglang (Simpol Sercipan) digagas agar bisa menjadi sarana yang bisa dimanfaatkan bagi para pengemudi ojek online.

“Koperasi ini kita gagas karena kalau kita dengan bergotong royong untuk menanggulangi kesulitan mereka dengan wadah koperasi, insya Allah akan menjadi lebih baik,” kata Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah.

Dijelaskan Asep, nantinya operasional koperasi ini akan dijalankan secara mandiri oleh para pengemudi ojek online. Sebab, pemerintah hanya bertugas menjadi fasilitator atas pembentukan koperasi tersebut.

“Saya sebagai Ketua DPRD Banten hanya sebatas bapak angkat mereka saja. Silahkan mereka mengatur sendiri, kita dorong dari sisi advokasi baik itu bantuan hukum dan membuat legal pendirian koperasinya,” terangnya.

“Bahkan kita akan kaitkan jika nilai ekonomi nya ada. Ke depan akan bekerjasama dengan Bank Banten,” tambahnya.

Ia berharap, keberadaan ojek online bisa diterima oleh masyarakat. Soalnya, ketika nilai ekonomi dan kebersamaannya ada, tidak menutup kemungkinan ojek pangkalan juga akan beralih ke ojek online.

“Saya berharap ke depan dengan adanya koperasi ini, ojek panggalan akan beralih ke ojek online agar kehidupan mereka lebih baik,” harapnya.

Penasehat umum paguyuban ojek online, Saiman, menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPRD Banten yang ingin membuat koperasi dan membantu kesejahteraan untuk para pengemudi ojek online.

“Kita sudah lama ingin mandiri dan mempunyai usaha sendiri. Makanya kita berterimakasih kepada Ketua Dewan Banten yang telah mau peduli kepada ojek online,” ujarnya.

Koperasi online itu pun, sambungnya, memakai iuran dari para anggota sebesar Rp20 ribu dan berada di luar manajemen ojek online. “Semoga kita semua bisa menjalankan Koperasi online ini, dan tak mengecewakan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu pun, Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah diangkat menjadi bapak tranportasi online dengan penetapan anggota koperasi online sebanyak 11 ribu. (Adv)

Komentar