PT. PCM Bangun Akses Jalan Menuju Pelabuhan Warnasari

Peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari. (Foto: TitikNOL)
Peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL – Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon, Provinsi Banten, mulai menunjukkan progres pembangunan. Akses jalan menuju lahan pelabuhan kini sudah mulai dibangun.

Wali kota Cilegon Edi Ariadi, Wakil Wali kota Cilegon Ratu Ati Marliati dan Sekda Kota Cilegon Sari Suryati, hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan akses Pelabuhan Warnasari, Rabu (17/6/2020).

Pembangunan akses jalan ini merupakan bentuk keseriusan PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), untuk mewujudkan harapan masyarakat Kota Cilegon yang ingin memiliki pelabuhan yang selama ini dinanti-nantikan.

Direktur PT. PCM, Arief Rivai Madawi mengungkapkan, beberapa akses jalan belum dibebaskan karena masih milik PT. Krakatau Daya Listrik (KDL). Selama pembangunan akses jalan berlangsung, pihaknya terus memproses pembebasan lahan tersebut.

"Ini tahap pertama untuk membangun akses jalan, kemudian tahap berikutnya sambil menunggu desain keseluruhan. Tahap keduanya baru kita mulai lagi setelah dari STA 0-630 kita akan jalankan itu. Kemudian nanti kita akan bebaskan lahan, secara prinsip sudah disetujui nanti diaprasial," jelas Arief.

Sementara itu, Wali kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Warnasari sudah direncanakan sejak 20 tahun lalu melalui Peraturan Daerah (Perda).

Diungkapkan Edi, pembangunan akses jalan tahap awal itu atas restu Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Meski demikian, rencana induk pelabuhan (RIP) masih dibahas di pemerintah Provinsi Banten.

RIP belum dikeluarkan karena masih teganjal dengan aturan baru berupa zonasi kawasan pesisir.

"RIP itu kan UU 23 kewenangannya di provinsi, kewenangan provinsi sedang menyusun budi daya pesisir itu kayak apa termasuk daerah-daerah pelabuhan. Sudah ada surat dari Dirjen Perhubungan Darat minta segera sama provinsi," kata Edi. (Ardi/TN1).

Komentar