Sekda Serang: Kesiapsiagaan Bencana di Musim Penghujan jadi Perhatian

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri. (Dok: Satelit)
Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri. (Dok: Satelit)

SERANG, TitikNOL - Memasuki musim penghujan tahun ini, kesiapsiagaan terhadap bencana menjadi perhatian. Terlebih, fenomena La Nina berpotensi memengaruhi peningkatan curah hujan.
Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk waspada dan melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Sekarang sudah memasuki peralihan musim dan terjadi perubahan cuaca, sehingga semua pihak harus mulai memperhatikan kesehatan dan lingkungannya,” katanya kepada awak media, Selasa (17/11/2020).

Selain itu, Sekda juga mengintruksikan OPD yang berkaitan langsung dengan aktivitas masyarakat untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Seperti halnya Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang untuk segera berkoordinasi dengan para petani. Agar para petani tidak salah jadwal tanam. Sehingga, bisa mengakibatkan kerugian.

“Untuk mengantisipasi pertanian, kita sudah minta Distan melakukan pembinaan dan melakukan penyuluhan kepada para petani terkait pola tanam,” ujarnya.

Disamping itu juga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang diminta memberikan edukasi kepada warga, terkait mitigasi bencana terutama terhadap daerah-daerah yang rawan bencana.

“Di perubahan ini kita tidak ada kegiatan pembangunan fisik yang berkaitan dengan antisipasi kebencanaan,” paparnya.

Sejauh ini, Entus meyakini, bahwa masyarakat sudah bersiap diri dalam menghadapi situasi saat memasuki musim penghujan.

“Mudah-mudahan tidak terjadi bencana apapun di Kabupaten Serang disaat peralihan musim dari kemarau ke penghujan. Untuk daerah-daerah yang sering terjadi banjir, kita dari Pemkab Serang terus berupaya mencari solusi agar daerah-daerah tersebut tidak banjir lagi,” terangnya. (ADV)

Komentar