Sabtu, 20 Juli 2024

Teladani Semangat Juang, Dinsos Kabupaten Serang Pelihara Makam Pahlawan

Sekdis Dinsos Kabupaten Serang, Encep Beyamin Somantri.
Sekdis Dinsos Kabupaten Serang, Encep Beyamin Somantri.

SERANG, TitikNOL - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang pelihara dan jaga makam-makam pahlawan. Hal itu sebagai bentuk menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

Sekdis Dinsos Kabupaten Serang, Encep Beyamin Somantri mengatakan, pemeliharaan makam pahlawan dalam rangka meneladani perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangakan dan memajukan Kabupaten Serang.

Menurutnya, makam itu sebagai bentuk tapak tilas perjuangan pahlawan. Sehingga generasi muda Kabupaten Serang dapat meneladaninya.

"Untuk meningkatkan karakter kepahlawanan kepada anak-anak," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/9/2022).

Tidak hanya itu, pihaknya juga kerap membawa anak-anak sekolah yang terhimpun dalam OSIS, melakukan lawatan budaya kepada makam pahlawan, baik yang ada di Serang maupun di wilayah lain.

"Kepahlawanan itu yang ngurus cagar budaya, pembinaan OSIS mempelajari kepahlawanan," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Kabupaten Serang, Agus Rusli menambahkan, pemeliharaan makam pahlawan sebagai bentuk penghargaan Pemkab Serang terhadap para pejuang.

"Kabupaten itu hanya bisa memberikan honor tali asih kepada penjaga. Kalau pemeliharaannya oleh provinsi," ungkapnya.

Ia menerangkan, pahlawan yang paling banyak dikunjungi adalah makam Bupati Serang pertama dan Sultan Ageng Tirtayasa.

"Ada pengelolaan jadu Ibu veteran. Ada pemeliharaan makam nasional, seperti Bupati Serang pertama, makam Sultan Ageng Tirtayasa," terangnya. (ADV)

Komentar