10 Cara Mengobati Mata Minus

Ilustrasi mata minus. (Dok: tipskesehatankeluarga)
Ilustrasi mata minus. (Dok: tipskesehatankeluarga)

TitikNOL - Mata minus dapat terjadi akibat berbagai hal seperti kebiasaan, kegiatan sehari-hari, hingga apa yang dikonsumsi. Saat Anda sudah merasa bahwa ada yang tidak beres dengan mata Anda atau sudah melakukan pemeriksaan pada mata, biasanya Anda akan memilih untuk menggunakan kacamata agar dapat memperjelas penglihatan. Tetapi hal tersebut tidaklah membantu karena apabila mata Anda masih berdekatan dengan layar laptop akan tetap membuat mata bekerja keras untuk fokus dan hal inilah yang membuat minus justru bertambah dan Anda harus tahu obat mata minus yang ampuh.

Banyak orang yang beranggapan bahwa mata yang sudah minus tidak dapat kembali normal dan akan menggunakan kacamata terus menerus atau menggantinya dengan softlens agar dapat lebih percaya diri. Nah, sebenarnya pernyataan ini salah. Ketahuilah bahwa penggunaan softlens secara terus menerus juga akan memberikan efek samping pada mata Anda seperti iritasi bahkan hingga kebutaan. Penggunaan kacamata juga masih dapat membuat minus pada mata bertambah.

Pada nyatanya seseorang dengan mata minus masih dapat kembali normal apabila melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini akan sangat memberikan efek bagi Anda yang memiliki mata minus rendah. Meski begitu bukan berarti bagi Anda yang minusnya sudah tinggi tidak dapat kembali normal, ya!

Ikuti cara ini sebagai obat mata minus paling ampuh :

1. Lepaskan kacamata Anda jika memungkinkan setiap beberapa saat

2. Mulai berlatih agar mata mengedip dengan normal, tidak terlalu cepat, dan tidak terlalu lambat

3. Tutup mata Anda dengan telapak tangan, kemudian berikan tekanan sedikit pada bagian mata karena hal ini dapat membantu otot Anda menjadi lebih rileks

4. Usahakan untuk melihat benda-benda yang bergerak jangan yang hanya diam karena akan terasa lebih rileks

5. Konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti ikan salmon karena kandungan omega 3 pada ikan salmon baik untuk kesehatan mata karena baik untuk mempertajam penglihatan namun, akan lebih baik lagi apabila Anda mengolahnya tidak menggunakan minyak karena kandungan omega 3 dalam ikan masih dalam keadaan baik-baik saja.

6. Konsumsilah sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, namun sebenarnya bukan hanya wortel loh yang mengandung vitamin A. Vitamin A dapat Anda temukan dari buah pepaya, melon, belimbing, dan masih banyak lagi, apabila Anda ingin terhindar dari mata minus atau sudah mengalami masalah dengan mata sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk membantu memulihkan penglihatan Anda.

7. Buat mata Anda refreshing dengan pergi ke lokasi dengan pemandangan yang indah seperti hutan, sawah, dan pantai

8. Rajin-rajinlah membersihkan mata Anda karena dengan membersihkan mata Anda setelah beraktivitas akan menambahkan ketajaman penglihatan Anda

9. Selain membersihkan mata sebaiknya Anda juga rajin-rajin membersihkan kacamata Anda, karena kaca mata yang kotor akan memperburuk penglihatan

10. Saat mata sudah mulai lelah lakukanlah beberapa macam senam mata untuk mengatasi mata yang sudah sangat lelah, seperti menjauhkan mata dari layar tv, hp, dan lain lain.

Nah, itu dia 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi minus pada mata. Semuanya dapat berjalan dengan baik tentunya apabila Anda barengi dengan melakukan pola hidup sehat yaitu mengonsumsi makanan sehat, olahraga rutin, dan pola tidur yang teratur maka kesehatan mata akan tetap terjaga. Lebih baik mencegah dari pada mengobati tentunya, maka dari itu yuk lakukan pola hidup sehat mulai sekarang dan ketahui obat mata minus secara cepat!

Sumber: guesehat.com

Komentar