10 Langkah Fashion Cerdas Bagi Wanita Bertubuh Mungil

Foto ilustrasi. (Dok: denimtherapy)
Foto ilustrasi. (Dok: denimtherapy)

TitikNOL - Setiap wanita pasti menginginkan tubuh yang ramping dan langsing. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang memiliki tubuh ideal. Seringkali seseorang yang bertubuh mungil menghadapi masalah dalam berpakaian. Namun, seperti dilansir laman spirit.web, dengan memilih pakaian dan aksesoris yang tepat, wanita bertubuh mungil dapat tampil percaya diri.

1. Perhatikan kerah baju

Bagi wanita yang memiliki tubuh mungil sebaiknya memilih kerah baju yang berbentuk scoop neck atau V-neck. Kerah yang berbentuk seperti itu akan akan memberikan kesan jenjang pada leher.

2. Memilih sepatu berujung lancip

Sepatu yang memiliki ujung lancip akan memberikan kesan kaki lebih panjang. Cobalah untuk memadukan sepatu tersebut dengan gaun, rok atau celana yang disukai. Pemilihan rok juga harus diperhatikan. Sebaiknya pilih rok-rok dengan panjang selutut atau di atas lutut. Hindari rok yang besar dan juga lebar karena akan menimbulkan kesan 'tenggelam'.

3. Gunakan belt berukuran kecil

Selanjutnya untuk tampil lebih modis dengan tubuh mungil, gunakan ikat pinggang dengan ukuran kecil. Ikat pinggang dengan ukuran kecil akan membuat tubuh tampak lebih langsing dan proposional. 

4. Pilih warna-warna monokrom

Menggunakan satu warna dalam berpakaian dapat menciptakan kesan memanjang dan juga dapat memberikan ilusi postur tubuh yang lebih tinggi dari aslinya. Warna hitam dapat memberikan efek tegap dan tinggi. Tak hanya itu saja, warna gelap juga sangat cocok digunakan untuk seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih karena warna ini dapat memberikan efek langsing.

5. Hindari celana 'ngatung'

Seseorang yang memiliki postur pendek harus menghindari celana ngatung. Hal ini dikarenakan jenis celana tersebut dapat membuat kaki semakin tebal. Oleh karena itu sebaiknya gunakan celana panjang dengan model yang dapat menutupi seluruh bagian mata kaki. Celana yang pas tentu saja dapat membuat kaki semakin tampak panjang dan jenjang.

6. Hindari baju berbahan tebal

Semakin tebal baju yang digunakan tentu saja ini akan membuat tubuh semakin besar dan pendek. Oleh karena itu, sebaiknya hindari baju yang berbahan tebal dan gunakanlah baju yang memiliki bahan tips dan enteng.

7. Pilih pakaian yang bergaris vertikal

Cara yang satu ini cukup efektif untuk memberikan efek tinggi pada tubuh. Cobalah gunakan pakaian yang bergaris vertikal, hanya cukup di satu bagian misalnya atasan atau bawahan. Baca juga peraturan mix and match baju bermotif.

8. Gunakan high heels

Jenis sepatu hak tinggi yang dapat dipilih salah satunya adalah stileto. Namun jika tidak terbiasa, cobalah untuk berlatih dengan menggunakan wedges yang cukup mudah dan nyaman untuk digunakan.

9. Hindari tas berukuran besar

Tidak hanya soal pakaian, aksesoris yang tepat juga membentuk postur tubuh. Bagi yang bertubuh pendek, sebaiknya hindari tas yang memiliki ukuran besar. Tas tersebut justru lebih mengesankan pendek pada tubuh. Sedangkan tas kecil yang seimbang dapat memberikan kesan bahwa tubuh lebih tinggi dan proporsional.

10. Gunakan rok mini

Yang terakhir, adalah dengan menggunakan rok mini. Pada umumnya seseorang yang cocok menggunakan rok mini adalah wanita yang memiliki kaki jenjang dan tinggi proporsional. Namun bagi yang bertubuh pendek jangan khawatir, cobalah untuk menggunakan rok mini tepat di atas lutut demi menghindari kesan 'tenggelam'. (Red/dd)

Komentar