10 Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Ilustrasi. (Dok: Obatkankerotak)
Ilustrasi. (Dok: Obatkankerotak)

TitikNOL - Makanan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata memiliki dampak besar bagi kesehatan organ intim perempuan. Mengutip Women's Health, vagina yang sehat memiliki tingkat pH atau keasaman alami, sehingga bakteri baik dapat berkembang guna membantu menangkal infeksi.

Namun, beberapa makanan dapat mempengaruhi tingkat pH tersebut dan imbasnya memicu adanya aroma tidak sedap dari oragn intim wanita. Beberapa makanan itu diantaranya rempah-rempah, bawang bombay, bawang putih, daging merah, susu, asparagus, brokoli dan bahkan alkohol.

Meski demikian, Anda tak perlu menghindari makanan tersebut. Yang perlu dilakukan adalah menyeimbangkan dengan minuman dan makanan lain yang dapat membuat organ intim wanita lebih sehat.

Berikut merupakan 10 makanan yang akan membantu menjaga tingkat pH dan kesehatan organ intim wanita.

1. Pisang
Pisang merupakan sumber untuk vitamin B6 dan C. Pisang juga mengandung mangan, kalium, biotin, dan tembaga, yang bisa menyeimbangkan kadar pH organ intim wanita.

2. Yoghurt
Yoghurt merupakan jenis makanan yang memiliki bakteri hidup dan aktif. Probiotik itu dapat membantu organ intim wanita memiliki pH seimbang.

3. Biji Gandum
Biji gamdum memiliki kandungan protein lengkap. Ia juga memiliki nutrisi magnesium, fosfor dan mangan.

4. Ubi
Ubi jalar mengandung Vitamin A, B6 dan C, serta kalium dan mangan.

5. Telur
Walaupun telur memiliki kolesterol yang tinggi, tapi telur merupakan sumber yang baik untuk protein , riboflavin dan vitamin B12, yang mencegah wanita sering mendapatkan keputihan.

6. Jagung
Jagung kaya akan Vitamin B3 dan B6. Selain itu, ia juga mengandung fosfor dan mangan.

7. Bayam
Sayur ini memiliki gizi yang baik karena mengandung niacin, seng, protein, vitamin A, C, E, K dan B6. Bayam juga merupakan suumber bagi thiamin, riboflavin, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga dan mangan.

8. Beras Merah
Beras merah merupakan sumber serat, selenium dan mangan.

9. Alpukat
Buah ini memilik lemaksehat, serat, vitamin C dan K serta folat.

10. Kacang Brasil
Meski memiliki rasa asin, kacang ini adalah sumber protein serta selenium, thiamin dan vitamin E.

Sumber: www.cnnindonesia.com

Komentar