3 Alasan Ini Pemicu Risiko Darah Tinggi

Ilustrasi. (Dok: sehatmagz)
Ilustrasi. (Dok: sehatmagz)

TitikNOL - Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh.

Di era modern, penyakit ini mulai bergeser dari usia tua ke lebih muda. Penyakit ini tergolong berbahaya karena bisa memicu penyakit lainnya yang berujung pada komplikasi.

Penyakit komplikasi ini seperti serangan jantung, stroke, ginjal.

Dilansir dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada berbagai gejala seseorang bisa terkena tekanan darah tinggi.

Di antaranya, pola makan buruk dan banyak lemak bisa meningkatkan potensi darah tinggi. Selain itu faktor lainnya yang memicu penyakit darah tinggi.

Kegemukan
Penyakit ini sudah menghantui masyarakat dengan berbagai banyaknya aneka makanan cepat saji. Obesitas bahkan sudah banyak dialami anak-anak balita.

Obesitas pada orang dewasa dapat memicu penyakit diabetes. Pada anak, obesitas sering menjadi salah kaprah bagi para orang tua sebagai kebanggaan melihat anaknya gemuk dan dianggap lucu.

Pola Makan
Pola makan tidak seimbang dapat memicu terjadinya banyak penyakit. Terlalu banyak karbohidrat, protein, atau lemak yang itu-itu saja setiap hari dalam jumlah berlebih akan membuat tubuh bekerja lebih keras.

Stres
Stres menjadi pemicu utama. Stres berperan besar dalam mendorong seseorang terpapar sakit. Orang yang bertubuh sehat pun jika mengalami stres berat akan jatuh sakit. Manajemen stres wajib dilakukan.

Agar penyakit ini tidak menyerang lebih awal, ada perlunya bagi orang dewasa menerapkan perilaku cerdik. Perilaku cerdik merupakan upaya untuk melakuan cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

Sumber: www.indopos.co.id

Komentar