5 Aroma Alami Ini Efektif untuk Tingkatkan Suasana Hati

Rosemary. (Dok: net)
Rosemary. (Dok: net)

TitikNOL - Selain cokelat dan es krim, rupanya ada aroma wewangian tertentu yang cukup efektif meningkatkan suasana hati. Tidak heran kalau setiap kali Anda pergi ke kafe atau kedai kopi, akan ada saja aroma menyegarkan tercium.

Beberapa aroma ini kerap digunakan untuk menciptakan suasana hati yang baik, membuat rasa nyaman dan bisa menghilangkan stres.

Pinus

Mengutip dari Readers Digest, sebuah studi dari Kyoto University di Jepang menemukan, banyak orang Jepang yang sering berjalan di hutan, dikenal sebagai shinrin-yoku, atau 'mandi hutan,' ternyata bisa mengurangi depresi dan kecemasan.

Jeruk

Aroma jeruk yang dikemas dengan vitamin C terbukti bisa meningkatkan energi dan kewaspadaan. Selain itu, penelitian juga menemukan kalau aroma lemon juga bisa mengurangi stres dan meninggalkan kesan positif pada orang lain.

Rumput segar

Para periset dari Australia menemukan bahwa kimia yang dilepaskan oleh rumput yang baru dipotong bisa membuat orang yang menciumnya terasa rileks. Tidak hanya itu, mereka pun bisa merasakan kegembiraan dan aroma rerumputan ini bisa mengurangi depersi.

Bunga lavender dan jasmine

Bila Anda sulit tidur, aroma lavender sangat membantu untuk mengurangi insomia dan depresi sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, bunga jasmine juga cocok untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Rosemary

Selain jadi bumbu dapur, peneliti menemukan kalau aroma penyedap rasa dalam masakan seperti rosemary bisa memperkuat otak dan meningkatkan ingatan.

Berita ini telah tayang di beritagar.id, Kamis 16 November 2017 dengan judul 5 Aroma alami untuk berikan rasa bahagia secara instan

Komentar