5 Efek Buruk yang Disebabkan Akibat Konsumsi Mie dan Cokelat dalam Waktu Dekat

Ilustrasi coklat dan mie. (Dok: topigt)
Ilustrasi coklat dan mie. (Dok: topigt)

TitikNOL - Tahukah Anda bahwa makan mie dan cokelat sebaiknya tidak bersamaan atau dalam waktu yang sangat dekat? Walau keduanya adalah makanan yang aman dikonsumsi namun jika digabungkan dalam pencernaan maka dapat memicu bahaya tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Kandungan kedua makanan enak itu jika berada dalam satu waktu di pencernaan, akan menimbulkan reaksi kimia yang hasilnya saling bertolak belakang. Ia malah akan menjadi racun di lambung.

Berikut ini adalah beberapa efek buruk dari hasil cerna cokelat dan mie instan bagi kesehatan jika dimakan hampir bersamaan, seperti dilansir laman tempo.co, Rabu (6/9):

Pecah pembuluh darah

Kandungan kolesterol dan lemak dari mie dan cokelat dapat menumpuk di pembuluh darah jika terakumulasi dalam waktu lama. Akibatnya, terjadi penyumbatan yang dapat memicu pecahnya pembuluh darah atau stroke.

Keracunan

Untuk orang yang sensitif dan alergi dengan efek bercampurnya kandungan dari coklat dan mie, maka bisa terjadi keracunan. Gejalanya adalah mual, pusing dan sakit perut.

Rusaknya jaringan usus

Efek lain adalah terjadinya iritasi di usus karena proses cerna dari coklat dan mie instan yang mengandung pengawet buatan, juga lemak dan kolesterol tinggi. Ada reaksi panas yang ditimbulkan dan bisa memicu lukanya dinding usus.

Alergi

Reaksi alergi lain yang dapat terjadi adalah gatal-gatal di kulit serta kemerahan atau ruam. Jika ini terjadi maka perbanyak minum air hangat agar kandungan racun dalam pencernaan menjadi netral.

Tekanan darah naik

Tingginya kandungan garam atau natrium klorida dalam mie instan, serta MSG dan bahan kimia lainnya, ditambah kandungan lemak jenuh dalam coklat dapat memicu naiknya tekanan darah.

Jadi menimbang banyaknya efek buruk yang bisa terjadi, sebaiknya hindari konsumsi keduanya secara bersamaan ya. Semoga bermanfaat.

Berita ini telah tayang di sidomi.com, Rabu 6 September 2017 dengan judul Jangan Makan Mie dan Coklat Dalam Waktu Dekat. Ini 5 Bahayanya

Komentar