5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Ilustrasi. (Dok: Hellosehat)Ilustrasi. (Dok: Hellosehat)

TitikNOL - Tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga suasana hati maupun kesehatan secara keseluruhan. Agar tidur lebih berkualitas, cobalah untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan “aneh” sebelum tidur. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?

Jangan pegang gawai

Menurut jejak pendapat dari National Sleep Foundation pada tahun 2011, sekitar 10 persen anak-anak berusia 13–18 tahun terbangun setiap malam untuk melihat pesan-pesan yang masuk. Jika Anda khawatir mendapatkan pesan di larut malam, letakkan telepon di ruangan lain atau setel nada dering menjadi silent.

Jangan minum kafein

Kafein membuat Anda tetap terjaga, bahkan jika Anda minum latte enam jam sebelum tidur. Para peneliti di Henry Ford Hospital Sleep Disorders and Research Center menemukan, kafein yang dikonsumsi enam jam sebelum tidur mengakibatkan kualitas dan kuantitas tidur berkurang secara signifikan.

Jangan konsumsi minuman beralkohol dan tembakau

Keduanya dapat mengganggu tidur Anda. Alkohol dapat mengurangi REM (rapid eye movement), atau tidur nyenyak. Sementara, nikotin menstimulasi otak dan tubuh, yang membuat Anda lebih sulit untuk terlelap. Untuk istirahat malam yang baik, berhentilah konsumsi minuman beralkohol dan merokok

Jangan beraktivitas berat

Hindari beraktivitas berat setidaknya dua jam sebelum tidur. “Kecuali jika Anda melakukan latihan pernapasan dan yoga,” kata David Asprey, pendiri dan CEO dari Bulletproof.

Sebuah penelitian pada 2013 tentang tidur di Amerika Serikat menemukan, orang yang berolahraga merasa lebih butuh istirahat dan tidur daripada mereka yang tidak berolahraga.

Jangan makan makanan pedas atau junk food

Makan sebelum tidur adalah sesuatu yang baik, tapi mengonsumsi makanan pedas atau junk food justru memperburuk waktu istirahat Anda.

Makanan pedas meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan gangguan tidur dan mempercepat proses metabolisme tubuh. Sementara itu, makanan junk food merangsang lebih banyak gelombang otak yang mengganggu aktivitas normal otak.

Jika Anda ingin tidur berkualitas, jauhilah lima hal tersebut. Kualitas tidur yang baik membuat Anda menjalani hari-hari dengan produktif.

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: Jika Ingin Sehat, Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur

Komentar
Terpopuler