5 Jenis Penyakit Ini Tertinggi di Indonesia

Ilustrasi. (alodokter)
Ilustrasi. (alodokter)

TitikNOL - Dari penelitian yang dilakukan oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, tercatat ada lima jenis penyakit yang prevalensinya tertinggi di Indonesia. Kondisi kualitas kesehatan di negara ini pun dipandang belum di posisi yang baik, demikian menurut peneliti ReIde Indonesia Riyanda Barmawi.

Daftar lima jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia itu adalah sebagai berikut:

Hipertensi/darah tinggi

Tertinggi pertama adalah penyakit hipertensi, yang mencapai lebih dari 25,8%. Pemicu munculnya penyakit ini adalah konsumsi garam yang berlebihan, juga konsumsi lemak jenuh. Akibatnya terjadi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah terhambat. Hipertensi dapat merembet pada penyakit lain seperti gagal ginjal, stroke, serta jantung.

Penyakit sendi

Prevalensi penderita penyakit sendi cukup tinggi yakni mencapai 24,7%. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat di jaringan ikat seperti lutut, pangkal lengan, pergelangan kaki dan tangan, dll.

Hepatitis B

Prevalensinya mencapai 21,8%, hepatitis B menyerang liver atau hati. Pemicunya adalah virus hepatitis B, paparan zat kimia berbahaya, yang akhirnya mengganggu fungsi hati dalam menetralkan racun di dalam tubuh.

Stroke

Jumlah prevalensinya adalah 12,1 %. Stroke didefinisikan sebagai penyakit yang terjadi karena defisit fungsi susunan syaraf akibat penyakit pembuluh darah di bagian otak.

“Stroke banyak dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, pola makan sembarangan yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah di otak, gampang stress, kurang gerak,” jelas Riyanda.

Kurang gizi

Prevalensi balita yang mengidap penyakit ini 19,6%. Tentu hal ini memprihatinkan, dan perlu pencegahan yang intensif dengan pemberian makanan bergizi bagi bayi dan balita. Wilayah dengan angka penderita kurang gizi tertinggi adalah NTT 35%, Papua 32%, dan Maluku 30%.

Beritra ini telah tayang di Sidomi.com, Minggu Waduh, Ini 5 Penyakit yang Paling Banyak Diidap Orang Indonesia

Komentar