5 Jenis Sarapan yang Bisa Turunkan Berat Badan dalam Sebulan

Ilustrasi. (Dok: Cicicookies)
Ilustrasi. (Dok: Cicicookies)

TitikNOL - Memiliki berat badan berlebih, seringkali membuat seseorang merasa tak percaya diri. Untuk menurunkannya, banyak usaha keras sering dilakukan. Mulai dari diet ketat, hingga menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran.

Bahkan, ada yang rela konsultasi dengan ahli gizi paling mahal. Semua cara dicoba, namun sering tak membuahkan hasil. Namun, tahukah Anda, sesungguhnya berat badan bisa turun, tergantung bagaimana menu makan Anda di pagi hari. Pentingnya sarapan yang bergizi seringkali diabaikan. Padahal, sarapan sehat, bisa menurunkan berat badan hingga 5 kilogram dalam sebulan.

Dilansir laman Times of India, ada lima jenis sarapan ala India yang membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan hanya dalam sebulan, penurunannya bisa terlihat drastis. Berikut, lima sarapan yang mampu membantu menurunkan berat badan.

Poha

Poha, juga dikenal sebagai 'avalakki' atau aval, adalah hidangan yang populer di sebagian besar wilayah India. Orang-orang di Maharashtra, Karnataka, Telangana, Delhi dan bahkan beberapa negara bagian lainnya mengonsumsi poha (beras/beras merah) untuk sarapan dan makanan ringan.

Poha diyakini bebas gluten, dan sangat aman dikonsumsi untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Poha juga kaya akan zat besi, yang dapat membuat sel darah Anda tetap sehat dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Poha juga mengandung Vitamin B1, jadi ini adalah pilihan sarapan yang baik untuk penderita diabetes, karena membuat kadar gula darah tetap terkendali. Manfaat lainnya, mudah dicerna. Poha adalah makanan ideal untuk menurunkan berat badan, karena memiliki kemampuan untuk membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar, secara efektif.

Idli dan Sambar

Ini merupakan masakan India perpaduan antara Sambar dan Idli. Sambar adalah sebuah makanan India yang dibuat dari nasi dan kacang hitam yang telah difermentasi. Sedangkan Idli merupakan makanan India berupa sayuran yang direbus dengan rasa yang sangat pedas. Tentu salah satu makanan favorit bagi para sahabat karena sensasi rasa yang didapat dari makanan india yang satu ini.

Karenanya, World Health Organization telah menyatakan bahwa makanan India, Sambar, dan Idli ini sangat baik dijadikan sebagai makanan bekal dan sarapan pagi karena kandungan gizi yang cukup tinggi. Kandungan lemak yang rendah membuat Sambar dan Idli menjadi makanan india yang banyak disukai orang. Dengan kandungan lemak yang rendah akan sangat cocok apabila Anda suka makan, tetapi sedang menjalankan program diet.

Omelet Masala

Omelet menjadi menu sarapan favorit banyak orang di seluruh dunia. Namun, tak ada salahnya mencoba omelet masala khas India. Tak hanya omelet, menu ini bahkan diyakini bisa membantu menurunkan berat badan. Ini karena ditambahkan masala --garam India yang umumnya dibuat dari lada (hitam/putih), cengkeh, daun salam koja, cabe jawa, jintan hitam, jintan, kayu manis, kapulaga (hitam, coklat, hijau), biji pala, fuli, bunga lawang, dan pekak.

Biasanya, orang di India, membuat omelet masala dicampur dengan sayuran berwarna-warni. Dan terkadang, untuk membuat perut kenyang lebih lama, omelet ini dikonsumsi dengan satu roti multigrain. Omelet adalah pilihan sarapan mudah dibuat, enak dimakan dan bagus untuk menurunkan berat badan.

Oats

Oat mengandung protein dan rendah kalori, yang membuat sarapan usai olahraga terasa sempurna. Seringkali saat dibuat, oats ditambahkan sayuran, kacang tanah dan berbagai buah.

Besan Chilla

Besan ka Cheela, juga dikenal sebagai Besan Chilla adalah resep lezat dan renyah dari masakan ala India khas Rajasthani. Besan ka cheela adalah ramuan instan, bergizi, rendah kalori, kaya protein dan ideal untuk sarapan dan waktu makan siang.

Berita ini telah tayang di viva.co.id, dengan judul: Sarapan Ala India yang Bikin Berat Badan Turun dalam Sebulan

Komentar