5 Kesalahan saat Membersihkan Wajah

Ilustrasi membersihkan wajah. (Dok: Vemale)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Dok: Vemale)

TitikNOL - Anda tentunya tidak ingin sembarangan dalam mengurus wajah, bukan? Namun, tanpa sengaja, terkadang kita justru melakukan hal-hal yang membahayakan kesehatan muka.

Berikut daftar kesalahan yang mungkin Anda lakukan saat membersihkan wajah.

Menggunakan handuk pembasuh yang sama

Jika Anda sering membasuh wajah dengan handuk, Kelly Reynolds, Ph.D, profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Arizona mengatakan, kita perlu mencucinya setiap hari. “Waslap biasanya menjadi basah dan sangat kotor setelah digunakan. Ketika handuk digunakan untuk membasuh wajah, sisa make up dan sel-sel kulit yang mati akan berkumpul di sana. Keadaan handuk yang lembab menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh,” papar Kelly.

Membersihkan wajah dengan urutan yang salah

Menurut dokter kulit di New York, Jennifer MacGregor, M.D, ada urutan yang benar saat membersihkan wajah. Pertama, setelah membasuh wajah, sebaiknya gunakan serum (jadi bisa menyerap dengan baik), lalu tabir surya, pelembap dan yang terakhir krim mata.

Menggunakan terlalu banyak produk

Banyak sekali produk kecantikan kulit di luar sana. Menggunakannya secara bersamaan bisa merusak wajah Anda. “Akan menyebabkan inflamasi, kulit merah dan terkelupas,” kata Sonia Batra, M.D, dokter kulit di California.

Tidak menggunakan krim mata di sekitar bibir

“Selalu gunakan krim mata di bibir atas,” ujar Matt Leavitt dari Advances Dermatology and Cosmetic Surgery. Krim mata diketahui kaya akan gizi yang bagus untuk produksi kolagen karena mata merupakan area tersulit pada wajah. Dan karena bibir cepat menua, maka menggunakan bantuan krim mata adalah hal yang tepat.

Menunggu terlalu lama untuk mengoleskan produk

Oleskan produk yang Anda gunakan (toner, serum, krim mata, pelembap) dalam beberapa menit setelah membersihkan wajah selagi kulit Anda masih basah dan pori-pori sedang terbuka.

Sumber: www.aura.tabloidbintang.com

Komentar