5 Manfaat Kuaci Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Kuaci ternyata bukan sekedar cemilan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari memperlancar peredaran darah, sumber magnesium hingga moodbooster handal.

Cemilan yang berbahan baku biji semangka, biji waluh atau biji bunga matahari itu terbukti kaya kandungan gizi. Berikut sederet manfaat mengonsumsi kuaci:

1. Memperlancar peredaran darah

Kuaci biji bunga matahari mengandung dua nutrisi yang menyehatkan peredaran darah atau kardiovaskular. Nutrisi tersebut antara lain vitamin E dan folat. Vitamin E menghasilkan antioksidan dan menurunkan risiko kematian karena gangguan kardiovaskular. Folat akan membantu metabolisme zat homocystein menjadi methionin yang bagus untuk kardiovaskular.

2. Memperbaiki kadar kolesterol

Kuaci biji bunga matahari mengandung fitosterol yang memiliki kandungan seperti kolesterol yang dibutuhkan tubuh.

3. Sumber magnesium

Kuaci biji bunga matahari merupakan sumber magnesium. Nutrisi tersebut berfungsi untuk memperlancar fungsi otot dan tulang. Dalam jangka panjang, tubuh yang magnesiumnya tercukupi bisa memperbaiki kesehatan pernapasan, jantung, dan meringankan sindrom PMS bagi perempuan.

4. Memicu perasaan senang

Bonus lainnya dari magnesium di kuaci biji bunga matahari adalah terciptanya perasaan senang atau good mood. Ratusan tahun lalu dikabarkan magnesium sulfat adalah salah satu obat untuk pasien depresi, kesuksesan magnesium untuk mengobati pasien depresi membuat senyawa tersebut kini dijadikan salah satu obat terapi penyakit mental.

5. Gudang selenium untuk antioksidan

Selenium adalah nutrisi lain yang dikandung kuaci biji bunga matahari di samping magnesium. Selenium merupakan antioksidan yang mampu mengurangi kulit memerah dan bengkak. Selenium juga membantu metabolisme hormon tiroid.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Segudang Manfaat Kuaci, Memperlancar Aliran Darah hingga Mood Booster

Komentar