5 Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung

Ilustrasi jerawat di punggung. (Dok: Liputan6)
Ilustrasi jerawat di punggung. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Jerawat nggak cuma ada di wajah saja, tapi juga bisa muncul di punggung, dan hal ini bisa terjadi pada siapa saja.

Jerawat di punggung bisa memengaruhi penampilan seseorang, khususnya bagi para wanita yang senang berekspresi dengan busana off shoulder, tapi juga menimbulkan rasa nggak nyaman atau bahkan sakit.

Jika tersentuh atau tertekan, jerawat di punggung bisa menimbulkan rasa nyeri. Lantas apa sih yang membuat jerawat ini bisa muncul di punggung kita?

Biar jerawat di punggung nggak datang lagi, yuk kenali apa saja penyebab jerawat di punggung. Simak baik-baik yuk guys.

Malas Mengganti Baju Tidur

Ada sebagian wanita yang beranggapan nggak perlu mengganti baju tidur setiap hari dengan alih-alih “Nggak kotor, kok! Toh cuma dipakai buat tidur doang”.

Nah, hal seperti ini yang mestinya ditelaah lebih dalam lagi. Baju tidur yang nggak diganti setiap hari akan menyimpan kuman juga debu.

Pernah coba menyeret jari di meja atau di lemari kamar? Ada debu yang terbawa kan? Kamar pun walau secara kasat mata terlihat bersih, kalau nggak dibersihkan setiap hari pasti akan berdebu dan bisa menempel pada baju tidur.

Walau cuma dipakai di malam hari, baju tidur yang dikenakan tetap bersentuhan dengan kulit secara langsung. Maka dari itu, rajinlah mengganti baju tidur setiap hari dan pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat agar tidak memperburuk kondisi punggung yang berjerawat.

Mandi yang kurang bersih

Mandi yang bersih adalah syarat utama untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung. Tapi terkadang, entah karena terburu-buru atau memang kurang teliti, masih ada beberapa bagian tubuh yang terlewat untuk dibersihkan.

Selain itu, kalau kita kurang bersih dalam membilas sisa sabun, hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di punggung lho. Jarang mengganti handuk juga bisa memperparah kondisi kulit yang berjerawat karena handuk yang jarang dicuci menyimpan banyak kuman juga bakteri.

Penggunaan deterjen dan pewangi yang kurang tepat

Penyebab jerawat di punggung bisa jadi karena pemilihan deterjen dan juga pewangi yang kurang tepat. Faktanya, nggak semua produk pembersih pakaian yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia yang cocok dengan semua jenis kulit.

Beberapa orang dengan kulit sensitif membutuhkan produk detergen serta pewangi yang dengan pH khusus yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Terkena Conditioner

Conditioner yang umumnya dipakai untuk melembutkan rambut rupanya punya kandungan silikon yang bisa memicu timbulnya jerawat di kulit. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika menggunakan conditioner. Usahakan untuk benar-benar membilasnya dengan bersih dari rambut dan punggung.

Memakai tas yang bebannya terlalu berat

Sebagian orang banyak yang belum mengetahui fakta bahwa dengan membawa tas berkapasitas terlalu berat bisa menyebabkan jerawat di punggung.

Hal ini memungkinkan bagian punggung sulit untuk mendapat udara. Keringat yang keluar dari pori-pori kulit akan terjebak di bagian punggung yang tertutup oleh tali tas.

Jika terpaksa harus membawa barang yang banyak, ladies bisa menyiasatinya dengan menggunakan koper. Selain lebih praktis, punggung juga nggak akan tertimpa beban yang terlalu berat sehingga kulit di sekitar punggung bisa bernafas dengan lega.

Nah, itu tadi beberapa penyebab jerawat di punggung. So, setelah tahu apa saja penyebab dari munculnya jerawat di punggung, mulai sekarang hindari itu semua ya guys.

Berita ini telah tayang di rancahpost.co.id, dengan judul: Bukan Karena Sabun Mandi, Ternyata Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung

Komentar