5 Risiko Tidur dengan Rambut Basah

Ilustrasi. (Dok: Inthebox)Ilustrasi. (Dok: Inthebox)

TitikNOL - Keramas pasca beraktivitas seharian memang sangat menyegarkan. Namun, kebiasaan yang kerap dianggap sepele, seperti langsung tidur dengan rambut basah, ternyata berisiko terhadap kesehatan, lho. Dilansir dari laman Step To Health, ini bahaya yang akan mengintaimu.

1. Sakit kepala

Langsung tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh mendadak. Apalagi, jika dibungkus pula dengan handuk, di mana kelembapan rambut basah tersebut tentu akan tertahan lebih lama.

2. Rambut rusak

Mencuci rambut sebelum tidur itu sangat tak dianjurkan. Pasalnya, kebiasaan ini dapat mendorong berkurangnya kekuatan helai rambut. Rambutpun menjadi rentan rusak dan rontok.

3. Infeksi kulit kepala

Rambut yang basah dan hangatnya tempat tidur memunculkan kondisi ideal bagi reproduksi mikroorganisme. Jangan kaget apabila jamur dan bakteri bisa saja muncul di kulit kepalamu.

4. Kejang dan nyeri otot

Beberapa faktor lain memang memicu kejang dan nyeri otot, namun perubahan suhu mendadak saat tidur setelah keramas juga patut dipertimbangkan. Pasalnya, hal tersebut berimbas pula pada masalah peredaran darah, lho.

5. Alergi dan pilek

Lebih lanjut, perubahan suhu tubuh tersebut ternyata juga berimbas negatif pada sistem imun. Imbasnya, tubuh rentan terserang alergi dan pilek karena terjadi penurunan daya tahan tubuh.

Nah, jangan diulangi lagi ya kebiasaan langsung tidur setelah keramas tersebut. Tunggulah hingga rambut kering terlebih dahulu. Ayo, jagalah kesehatanmu!

Berita ini telah tayang di idntimes.com, dengan judul: Sering Disepelekan, Ini 5 Risiko Medis Jika Tidur dengan Rambut Basah

Komentar