5 Tips Membeli Handphone Secara Online

Ilustrasi Online shoping. (Dok: Mediakonsumen)
Ilustrasi Online shoping. (Dok: Mediakonsumen)

TitikNOL - Membeli barang-barang kebutuhan secara online menjadi kebiasaan baru masyarakat modern. Kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang-barang konsumsi. Saat ini telah hadir ribuan layanan toko online yang memungkinkan kita berbelanja dari dalam kamar tidur. Salah satu produk yang banyak dibeli melalui toko online (online store) adalah handphone. Handphone (telepon genggam) sudah menjadi gadget wajib untuk dimiliki setiap orang.

Dibalik kemudahan transaksi jual beli handphone melalui toko online di internet, ternyata kegiatan ini menimbulkan masalah tersendiri bagi calon pembeli. Sering kita menemukan adanya kasus penipuan terhadap pembeli yang memesan handphone melalui sebuah situs toko online. Lalu, bagaimana cara memilih layanan jual beli handphone di internet secara aman?

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika berniat membeli handphone secara online.

1. Kredibilitas website toko online.
Kepercayaan merupakan modal utama dalam transaksi jual beli handphone secara online. Antara pembeli dan penjual tidak saling kenal sehingga kemungkinan terjadinya penipuan sangat besar. Oleh karena itu, sebelum membeli handphone sebaiknya kita mengecek kredibilitas website online store tersebut melalui situs jejaring sosial, forum diskusi, maupun mailing list kelompok penyuka gadget.

2. Kemudahan dihubungi.
Penjual handphone yang baik akan bersedia dihubungi oleh pembeli melalui kontak email, telepon, SMS, chatting, BBM, dan beragam alat komunikasi lainnya. Kesediaan penjual untuk dikontak pembeli bukan hanya berlaku sebelum terjadinya transaksi jual beli handphone, bahkan sesudah transaksi berlangsung pun sebaiknya tetap berkomunikasi. Dengan demikian transaksi jual beli handphone bukan sekedar kegiatan tukar menukar barang dengan uang, tetapi juga membangun kredibilitas dalam transaksi di internet.

3. Jaminan keaslian handphone.
Membeli telepon genggam asli (original) membutuhkan pengetahuan terhadap merk, type, spesifikasi, kondisi, dan beragam fitur yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi calon pembeli untuk mengumpulkan informasi terkait detail produk handphone yang akan kita beli, baik melalui buku, majalah, maupun berita di internet.

4. Garansi pembelian handphone.
Setiap transaksi pembelian handphone hendaknya memiliki garansi resmi, baik garansi pabrik maupun garansi toko. Garansi pabrik umumnya berlaku selama 2 tahun sejak tanggal pembelian. Sedangkan garansi toko berkisar antara 6 bulan sampai 1 tahun sejak tanggal pembelian.

5. Terdapat alamat toko, kantor atau rumah asli.
Satu hal yang harus diperhatikan dalam keamanan transaksi jual beli handphone melalui internet adalah terdapat alamat asli penjual. Alamat tersebut bisa berupa alamat toko, alamat kantor, maupun alamat rumah. Untuk mengecek keaslian alamat tersebut, kita bisa menggunakan mesin pencari Google dengan beragam layanannya.

Sumber: www.gadgetasli.com

Komentar