6 Cara Merapikan Pakaian Kusut Tanpa Setrika

Ilustrasi merapikan dengan alat catok. (Dok:net)
Ilustrasi merapikan dengan alat catok. (Dok:net)

TitikNOL - Penampilan akan lebih terlihat menarik jika Anda menggunakan busana yang rapi. Apa yang terjadi jika Anda harus menghadiri acara penting, namun tidak ada setrika untuk merapikan pakaian? Sebagai alternatifnya, gunakan beberapa trik berikut untuk merapikan pakaian tanpa bantuan setrika.

Alat catok
Flat iron alias alat catok rambut juga bisa digunakan sebagai pengganti setrika. Caranya, cukup dengan memanaskan flat iron beberapa menit, lalu jepit pakaian dengan flat iron. Tarik perlahan ke arah bawah dan ulangi cara ini sampai pakaian menjadi rapi. Pemakaian alat catok juga sangat praktis untuk merapikan area-area yang sulit dijangkau setrika, seperti kerah baju atau lipatan kemeja lengan panjang.

Shower air panas
Nyalakan air panas dari shower, gantung pakaian kusut di dalam kamar mandi (hindari agar tidak terkena air dari shower), lalu tutup pintu. Uap panas dari shower akan berkumpul dan hanya dalam waktu 10 menit, pakaian pun akan tampak rapi. Metode ini hampir sama seperti cara kerja steam iron.

Panci atau teko
Rupanya ada manfaat lain dari panci dan teko selain untuk memasak. Panaskan air di dalam panci atau teko hingga mendidih, lalu buang airnya. Saat permukaan bawahnya masih panas, gunakan panci atau teko seperti saat Anda menggunakan setrika. Pastikan panci atau teko yang dipakai memiliki permukaan bersih agar tidak menodai pakaian.

Kasur spring bed
Gulung pakaian Anda, lalu taruh di bawah matras dan diamkan selama satu jam. Pakaian pun akan menjadi lebih rapi. Pastikan Anda menggulung pakaian, bukan melipatnya.

Cuka
Campurkan cuka dengan air bersih dengan perbandingan 1:3. Masukkan ke dalam botol spray, lalu semprotkan campuran cuka dan air ke permukaan baju. Diamkan sambil diangin-anginkan agar cepat kering. Tak hanya membuat pakaian lebih rapi, cuka juga dapat melembutkan serat benang pada kain.

Handuk setengah basah
Merapikan pakaian tak hanya dapat digunakan dengan bantuan suhu panas. Celupkan handuk ke dalam air, lalu peras hingga airnya keluar dan menyisakan permukaan handuk yang basah. Perlahan tekan-tekan handuk ke atas pakaian dan kerutan-kerutan di pakaian pun akan hilang.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.aura.co.id

TAG trik
Komentar