6 Hal yang Harus Dilakukan Jika Selalu Merasa Lelah

Ilustrasi. (Dok: Liputan6)
Ilustrasi. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Merasa sering kelelahan dan terjadi setiap saat? Bisa jadi kamu mengalami gejala kurang tidur kronis. Pakar tidur Michelle Drerup, PsyD menjawab persoalan ini dalam sebuah artikel di laman clevelandclinic.org.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai fokus memperbaiki tidurmu. Kurang tidur yang kronis bisa jadi membuat energi tubuhmu terserap, akibat serangkaian kegiatan yang tetap dilakukan. Hal ini sulit dilakukan banyak orang karena kesibukan yang padat. Kafein seringkali diambil sebagai solusi. Namun solusi ini juga membuat kita sulit tidur di malam hari.

Jika kamu mengalaminya, jangan khawatir, karena ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mengubah pola hidup tersebut, dan mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Dampaknya, kamu tak akan lagi mengalami kelelahan sepanjang hari.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Atur pola hidup

Buatlah aturan pola hidup rutin, seperti pergi tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, bahkan di akhir pekan.

2. Kurangi konsumsi kafein

Hindari konsumsi kopi setelah pukul 15.00, agar tak berefek pada sulit tidur di malam hari.

3. Batasi alkohol

Alkohol, meskipun hanya dari segelas wine atau bir bisa membuatmu tertidur. Ini akan membuatmu terbangun di malam hari, dan berhubungan dengan tidur yang kurang berkualitas, mimpi buruk, dan berkeringat di malam hari.

4. Batasi makan di jam tertentu

Cobalah untuk makan maksimal dua jam sebelum tidur. Jika ingin ngemil sesuatu, pilihlah makanan ringan dan hindari konsumsi makanan berlemak serta mengandung banyak gula.

5. Hindari olahraga sebelum tidur

Olahraga rutin bisa membantu mengurangi stres dan membuat tidur lebih berkualitas. Tapi, hindari melakukannya maksimal tiga jam sebelum tidur.

Sebab, olahraga akan membuatmu semakin sulit tertidur.

6. Jangan berkegiatan di tempat tidur

Jika kamu kesulitan tidur lebih lama dari 20 menit, bangunlah dari tempat tidur. Buatlah tempat tidur hanya sebagai tempat untuk tidur. Bukan untuk membaca, makan, menonton televisi atau melakukan kegiatan lainnya.

Berita ini telah tayang di kompas.com, dengan judul: Selalu Merasa Lelah, Apa yang Harus Dilakukan?

Komentar