6 Langkah Detoks Tubuh yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi makanan untuk detoks. (Dok: alphaviet)
Ilustrasi makanan untuk detoks. (Dok: alphaviet)

TitikNOL - Detoks adalah proses pengeluaran toksin dari dalam tubuh. Dengan kata lain, detoks berfungsi untuk mengeluarkan racun/zat-zat yang bisa membahayakan tubuh. Dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa jadi terdapat zat-zat yang membahayakan tubuh. Inilah pentingnya detoks bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini ada cara alami detoks tubuh yang bisa dilakukan di rumah.

1. Minum lemon di pagi hari

Minum air hangat dengan campuran perasan lemon merupakan salah satu cara detoks alami. Lemon membantu hati memproduksi enzim yang akan membantu proses pencernaan dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C dalam buah lemon adalah antioksidan yang kuat yang dapat  menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun tubuh. Lemon akan menghidrasi tubuh dengan elektrolit yang terbentuk dari potasium, kalsium, dan magnesium.

2. Lakukan sedikit gerakan

Melakukan gerakan yoga dalam berbagai pose juga terbukti ampuh untuk membersihkan tubuh secara alami. Gerakan yoga merangsang pencernaan dan pengeluaran tubuh. Gerakan yoga dapat membuat otot-otot diafragma mengendur dan memungkinkan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

3. Makan brokoli

Brokoli mengurangi inflamasi yang terhubung dengan banyak penyakit seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker. Selain brokoli, makanan yang banyak mengandung sulfur seperti bawang merah, bawang putih, kale, kubis, dan koli juga dipercaya dapat menurunkan inflamasi.

4. Minum teh

Teh yang mengandung dandelion dapat meningkatkan fungsi hati dan membantu menurunkan penumpukan racun dalam jaringan. Selain itu, studi dari Milk Thistle menyebutkan bahwa ramuan teh mampu meningkatkan fungsi hati, dengan cara melindungi hati dari kerusakan sel dan merangsang perbaikan jaringan hati. Minumlah minimal secangkir the dalam sehari.

5. Berendam di bak mandi dengan garam Epson

Berendam selama 20 menit dengan tambahan sekitar dua sendok cangkir garam Epson mampu membantu kerja usus besar. Garam Epson diyakini mengandung mineral khusus yang dapat mendorong keluarnya toksin dari tubuh. Garam ini dapat menyerap ke aliran darah dan dapat meredakan sembelit.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.isigood.com

Komentar