6 Makanan Ini Mampu Turunkan Kolesterol Tinggi

Iluastrasi. (Dok: net)
Iluastrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Dalam tubuh manusia terdapat kolesterol, yang merupakan senyawa dengan sifat mirip lemak yang hidup secara alami dalam hampir setiap bagian tubuh Anda seperti otak, saraf, otot, usus, hati, dan jantung. Kolesterol datang dari dua sumber, diproduksi oleh hati atau lewat makanan yang Anda konsumsi.

Angka kolesterol normal yang disarankan para dokter secara umum adalah di bawah 200. Jika Anda melakukan tes kadar kolesterol, pastikan Anda mendapat rincian hasil HDL (lemak baik) dan LDL (lemak jahat) juga. Kadar HDL yang baik adalah 60, tapi semakin tinggi angkanya justru semakin baik bagi Anda. Sementara itu kadar LDL yang aman adalah di bawah 100.

Nah, jika Anda memiliki kolesterol tinggi, apa saja sumber makanan penurun kolesterol yang bisa jadi penyelamat? Mari simak beberapa makanan dan sumber makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah.

Sumber makanan penurun kolesterol

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah makanan penurun kolesterol karena kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik.

Anda bisa mencampurkan 2 sendok minyak zaitun dan buah zaitun pada salad atau coba menggoreng dan menumis makanan menggunakan minyak dari buah zaitun tersebut.

2. Oatmeal dan makan berserat tinggi

Siapa yang tidak tahu oatmeal? Oatmeal baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal berjenis serat yang dapat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengonsumsi 10 gram serat dari oatmeal dapat mengurangi total kolesterol, termasuk kolesterol jahat alias LDL.

3. Kacang kedelai

Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai ataupun kacang kedelai yang telah diolah, seperti tahu, tempe, susu kedelai, atau susu kacang hijau, mengandung zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah.

Namun ada hal yang harus dihindari. Ketika mengolah bahan makanan dari kacang kedelai, hindari memasak atau menambahkan minyak goreng biasa. Ganti dengan minyak zaitun. Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai makanan penurun kolesterol.

4. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung serat larut yang sangat tinggi. Mengonsumsi serat larut adalah salah satu cara mengurangi kadar kolesterol. Mengonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond secara teratur selama 6 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 10%.

5. Ikan salmon

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega 3 yang dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain mengandung omega 3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel, minimal 2 porsi dalam satu minggu dapat memberi manfaat yang sangat optimal dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Kuaci tawar

Siapa sangka biji bunga matahari yang sering disebut kuaci ini ternyata merupakan makanan penurun kolesterol?

Kuaci mengandung zat tembaga yang baik bagi tubuh. Tubuh kita butuh zat tembaga, karena pola makan yang rendah asupan tembaga akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat LDL, dan terbatasnya kolesterol baik yang terserap ke tubuh.

Maka, jika Anda hobi makan camilan kuaci biji labu maupun biji bunga matahari, terutama yang tawar tanpa tambahan garam, ini perlahan-lahan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh jika disertai pola makan yang sehat.

Berita ini telah tayang di hellosehat.com dengan judul 6 Makanan yang Terbukti Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Komentar