6 Permainan Tradisonal Indonesia yang Hampir Punah

Ilustrasi Permainan Tradisional Indonesia. (Dok: Kisahasalusul)
Ilustrasi Permainan Tradisional Indonesia. (Dok: Kisahasalusul)

TitikNOL - Saat ini hampir 98% permaian anak sudah didominasi permaianan modern yang mengandalkan kemajuan teknologi. Sangat berbeda jauh dengan permainan untuk anak-anak jaman dulu, mereka lebih senang bemain ketangkasan dan permainan tradisional Indonesia lainnya yang cenderung lebih bersifat fisik, ketangkasan, dan menyehatkan badan. Tentu saja permainan ini sangat asyik bila dimainkan secara berkelompok.

Anda lihat permainan anak-anak di perkotaan modern, mereka lebih cenderung bersifat anti sosial, seringnya betah berlama-lama di depan layar monitor atau layar televisi.

Gasing


Saya sendiri belum pernah memainkannya, tapi seingat saya waktu kecil permainan ini sangat populer dan bisa diadu gasing satu dengan gasing lainnya, permainan yang sangat seru sekali waktu itu. Persis seperti film animasi buatan Jepang.

Enggrang


Bambu yang dibuat sebagai pijakan dengan tinggi yang disesuaikan, sedangkan pegangan terhubung dengan pijakan kaki sehingga pemakainya tidak terjatuh. Perlombaan enggrang sering dilakukan disetiap kegiatan lomba 17 Agustus. Ntah kenapa permainan ini sekarang telah hilang keasyikannya.

Mobil-mobilan kayu


Membuat mobil kayu cukup mudah, bahkan anak-anak sekalipun bisa membuatnya. atau mobil-mobilan yang terbuat dari bungkus rokok bekas yang dibuat sedemikian rupa hingga menjadi mobil mainan.

Yoyo


Yoyo cara memainkannya terbilang susah namun sangat mudah, jika telah menguasai permainan ini anak-anak dapat berbagai macam gaya gerakan yoyo dari seutas benang.

Bola bekel


Terdiri dari bola karet besar yang sangat lentur sekali dan beberapa anak bekel berbentuk ukiran dan cekungan, permainan ciri khas anak perempuan.

Dakon/Congklak


Dakon sudah dikenal lama jauh sebelum aneka permainan modern dikenal, bahkan dikerajaan besar di indonesia sudah terdapat permainan ini yang kala itu lebih didominasi anak-anak kerajaan.

Itulah beberapa permainan tradisional Indonesia yang kini sudah sangat jarang dimainkan anak-anak terutama anak perkotaan yang lebih condong bermain game konsol, game komputer atau game online. Sangat memprihatinkan?!

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.indonesia.tercinta.nusantara.blogspot.co.id

Komentar