7 Kesalahan Perawatan Kulit yang Sering Dilakukan di Pagi Hari

Ilustrasi. (Dok: Liputan6)
Ilustrasi. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Memiliki kulit yang cantik, menawan, halus dan terawat adalah impian dari setiap orang. Namun sayang, karena perawatan kulit yang tidak tepat, kecantikan kulit pun tidak bisa semaksimal mungkin seperti diharapkan. Kesalahan dalam merawat kulit justru membuat kulit rentan mengalami berbagai masalah.

Dilansir dari huffingtonpost.com, sedikitnya ada 7 kesalahan perawatan kulit yang kerap kamu lakukan di pagi hari namun jarang disadari. Penasaran apa saja kesalahan perawatan tersebut? Simak yang berikut ini.

1. Terlalu Sering Membersihkan

Jika kulit memerah secara tiba-tiba setelah mencuci muka, ini bisa berarti kamu kehilangan minyak alami wajah. Ketika kamu terlalu sering membersihkan, kulit bisa teriritasi, terkelupas, dan meradang. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, lewatkan sabun muka dan gunakan micellar water atau air biasa untuk mencuci muka. Atau carilah produk perawatan kulit yang bisa mengatasi masalah kulitmu.

2. Menggunakan Satu Kain Terlalu Lama

Satu kain seharusnya digunakan satu kali, gantilah kain untuk wajahmu setiap hari. Kondisi kain yang lembap atau basah akan menciptakan lingkungan sempurna bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak di kulit.

3. Mengaplikasikan Produk dengan Urutan yang Salah

Ada urutan yang tepat untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit, seperti pembersih, krim mata, serum, pelembap, kemudian krim mata. Ada alasan juga mengapa produk perawatan kulit harus diaplikasikan dengan urutan tersebut. Salah mengurutkan serangkaian produk ini bisa meningkatkan risiko kulit bermasalah.

4. Terlalu banyak menggunakan produk

Terlalu banyak menggunakan dan mencampur produk perawatan kulit justru dapat mengacaukan keadaan kulitmu. Menumpuk beberapa bahan aktif seringkali justru dapat menyebabkan kemerahan, peradangan, dan pengelupasan.

Aturannya adalah memperkenalkan satu produk perawatan kulit dalam satu waktu, tunggu beberapa waktu untuk melapisi produk tersebut, dan gunakan produk bebas wewangian. Apa kamu sudah melakukan beberapa aturan ini?

5. Cara menggunakan krim mata

Tahukah kamu bahwa krim mata juga bisa digunakan pada bagian atas bibir? Krim mata dikenal sebagai produk perawatan kulit yang kaya nutrisi untuk memproduksi kolagen, mengatasi keriput, dan memperbaiki elastisitas kulit. Bibir adalah salah satu area yang cenderung lebih cepat menua daripada area tubuh lainnya. Lain kali gunakan krim mata di area sekitar bibir untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

6. Menggunakan gerakan yang salah saat membersihkan wajah

Kamu harus melebarkan jari-jarimu dan mulailah dari bagian atas hidung, dahi, sekitar mata, turun ke pipi, kemudian dagu. Cara ini akan meningkatkan sirkulasi darah saat kamu mencuci muka, membuat wajah terlihat lebih segar.

7. Terlalu lama mengaplikasikan produk

Jangan menunggu terlalu lama, terutama untuk beberapa produk perawatan kulit, seperti toner, serum, krim mata, dan pelembap. Aplikasikan produk-produk tersebut tepat setelah kamu melakukan pembersihan, di saat kulit masih basah dan pori-pori masih terbuka.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan perawatan kulit di pagi hari. Mulai sekarang, hindari kesalahan ini dan rawat kulitmu dengan cara lebih baik lagi ya.

Berita ini telah tayang di vemale.com, dengan judul: Jarang Disadari, Ini 7 Kesalahan Perawatan Kulit Sering Dilakukan Saat Pagi

Komentar