7 Manfaat Baik Yogurt Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Dok: Liputan6)
Ilustrasi. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Organ pencernaan merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh yang perlu untuk dijaga kesehatannya dengan baik. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi berbagai bahan yang mampu untuk membantu melancarkan proses pencernaan dengan baik. Salah satu produk untuk menjaga kesehatan ini yang cukup populer di kalangan masyarakat yaitu yogurt.

Sudah bukan hal asing lagi bahwa bahan satu ini memiliki segudang kandungan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya untuk pencernaan saja, namun bahan ini memiliki banyak kandungan yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh tubuh. Kali ini akan dibahas apa saja manfaat yang ada dari mengkonsumsi yogurt ini.

Yogurt sebagai Sumber Protein yang Baik

Dalam pertumbuhan dan perkembangan sel yang ada di dalam tubuh, protein memegang peranan penting untuk menjaganya. Jika seseorang mengalami defisit protein, maka hal ini akan berdampak bagi kekuatan dari tubuh mereka.

Dampak tersebut diantaranya seperti sulit untuk berpikir, rambut lebih mudah rontok, dan massa otot berkurang. Yogurt sendiri memiliki berbagai kandungan protein yang dapat mencegah terjadinya berbagai hal tersebut dan memenuhi kebutuhan dari tubuh.

Tulang dan Gigi Tetap Sehat

Dalam mengkonsumsi yogurt, di dalamnya memiliki berbagai kandungan seperti kalsium, fosfor, dan juga kalium. Berbagai zat gizi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kekuatan serta kesehatan dari tulang yang ada pada tubuh.

Tidak jarang pula banyak produk ini yang juga mengandung vitamin D sehingga tulang dan gigi menjadi semakin sehat. Hal ini berguna agar kedepannya memiliki kesempatan untuk mengalami osteoporosis lebih rendah.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi yogurt sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Penyebab dari terjadinya tekanan darah tinggi yaitu adanya kadar natrium yang cukup tinggi di dalam tubuh.

Natrium ini banyak berasal dari makanan dengan kandungan garam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kandungan kalium yang ada pada bahan makanans satu ini dapat membantu untuk menurunkan natrium tersebut dari tubuh.

Membantu Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Dalam yogurt yang dikonsumsi memiliki kandungan kolesterol baik meskipun memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Kandungan yang ada di dalam ini memiliki khasiat yang baik bagi para pengidap jantung.

Salah satu penyebab dari permasalahan yang ada di dalam jantung yaitu adanya tekanan dari pembuluh darah. Apalagi ketika memiliki tekanan darah yang cukup tinggi sehingga semakin meningkatkan resiko akan penyakit jantung.

Memudahkan Proses Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak yang merekomendasikan bagi para pelaku diet untuk banyak mengkonsumsi yogurt dalam takaran yang cukup pas. Di dalam produk ini terdapat probiotik, kalsium, dan juga protein yang dapat meningkatkan adanya produksi hormon untuk antilapar. Akibatnya, orang yang mengkonsumsi ini akan merasa lebih cepat untuk kenyang dan tidak perlu untuk merasa lapar serta perlu makan lagi.

Untuk jenis ini yang mengandung banyak protein, dapat memilih jenis plain maupun greek. Berbagai kandungan gizi yang ada juga memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga dapat tetap sehat meskipun sedang menjalankan diet.

Membantu Menaikkan Kekuatan Sistem Imun Tubuh

Dalam yogurt yang mengandung berbagai mineral serta gizi dapat membuat tubuh memproduksi sel darah putih dengan baik. Fungsi dari sel satu ini yaitu untuk menjaga imunitas tubuh yang dapat melindungi diri dari berbagai macam penyakit. Selain itu, kandungannya juga dapat memberantas infeksi dan bakteri yang ada sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Tubuh

Salah satu kandungan yang ada di dalam yogurt yaitu probiotik yang merupakan bakteri baik bagi tubuh. Bakteri ini memiliki fungsi untuk membantu memerangi adanya bakteri jahat di dalam tubuh, terutama pada usus. Hal ini juga dapat melindungi diri agar tidak terkena infeksi karena bakteri jahat tadi. Hal ini berdampak pada sistem pencernaan yang lebih lancar dan jarang untuk terkena permasalahan serius.

Mengkonsumsi yogurt sudah tidak perlu untuk diragukan lagi karena banyaknya kandungan di dalamnya yang bermanfaat bagi tubuh. Saat ini banyak cara mudah untuk mendapatkannya, yaitu dengan menggunakan platform online seperti Blibli.

Komentar