7 Manfaat Konsumsi Kentang Bagi kesehatan tubuh

Ilustrasi. (Dok: Sekutukeadilan)
Ilustrasi. (Dok: Sekutukeadilan)

TitikNOL - Siapa yang tak suka kentang goreng atau kentang tumbuk? Dari anak-anak sampai orangtua jarang sekali yang tidak suka kentang. Tak hanya enak dikonsumsi, ternyata kentang juga memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan rambut hingga wajah.

Kentang juga mengandung nutrisi dan mineral lainnya seperti, vitamin B6 & B12, vitamin C, kalium dan juga magnesium, yang bermanfaat untuk pertahanan tubuh melawan penyakit.

Dr. Paulina Toding, M.Gizi, Sp.GK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne yang tayang Kamis, 1 Maret 2018, membenarkan bahwa kentang memang tergolong umbi-umbian yang kaya nutrisi. Tapi ada lagi fakta menarik terkait tentang yang banyak beredar di masyarakat. Mari kita bahas satu per satu.

1. Kentang yang berwarna hijau mengandung racun

Ternyata ini benar, lho. Menurut dokter Paulina, perubahan warna pada kentang dari kuning ke hijau itu bisa jadi akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

"Jadi benar kentang hijau itu beracun. Karena mengandung solanin yang tidak hilang meski dimasak," kata dokter Paulina. Oleh karenanya, penting memperhatikan durasi penyimpanan kentang, yaitu paling lama dua minggu, harus sudah diolah.

2. Kentang bisa menjadi pengganti nasi

"Ini fakta," kata dokter Paulina. "Memang bisa. Pertama karena seratnya lebih banyak. Ada vitamin dan mineral pada kentang. Tapi pada pasien diabetes melitus harus hati-hati makan kentang. Karena indeks glikemiknya hampir sama dengan nasi. Jadi kadar gula darah cepat naiknya."

3. Kentang bagus untuk kecantikan wajah dan rambut

Dokter Paulina menjelaskan bahwa kentang mengandung vitamin C berkadar tinggi, bahkan lebih tinggi dari tomat. Sehingga kentang terbukti dapat memberi manfaat pada kecantikan kulit wajah dan rambut.

Untuk mendapat manfaat maksimal vitamin C dari kentang, harus dikonsumsi, bukan dijadikan masker. "Kalau jadi masker, belum ada dasarnya," kata dokter Paulina.

Cara memasaknya pun disarankan tanpa kupas kulit. "Vitamin C itu kan larut air, jadi mengolah kentang jangan dikupas, supaya menahan vitamin C-nya."

4. Nutrisi kentang ada pada bagian kulitnya

Pernyataan ini kurang tepat. Karena faktanya, kulit kentang memang mengandung serat. Tapi bagian yang kaya vitamin dan mineral, ada pada daging kentang.

5. Kentang mengandung antioksidan tinggi
Ini fakta.

6. Kentang bagus untuk kesehatan otak dan saraf

Dokter Paulina juga membenarkan poin ini. Karena kandungan kalium pada kentang mampu melancarkan peredaran darah ke otak. Selain itu, terdapat karbohidrat yang merupakan bahan bakar utama bagi otak.

7. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang sangat tinggi pada kentang dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu melancarkan aliran darah. Jadi, ini pun fakta.

Tips memilih kentang yang berkualitas:

- kentang yang kulitnya halus, rasanya lebih gurih
- pastikan kulit kentang tidak keriput, tidak bertunas, tidak retak
- bobot kentang juga harus mantab yang menandakan umbinya padat
- jangan yang berwarna kehijauan karena mengandung solanin yang bersifat racun.

Berita ini telah tayang di viva.co.id, dengan judul: 7 Fakta Menakjubkan Kentang, Bikin Cantik sampai Otak Encer

Komentar