7 Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik

Foto ilustrasi. (Dok: Cirebontrust)
Foto ilustrasi. (Dok: Cirebontrust)

TitikNOL - Mengunjungi kampung halaman saat lebaran alias mudik adalah salah satu ritual yang banyak dijalani pendatang dari luar Jakarta. Namun, terkadang di balik kegembiraan itu, terselip kekhawatiran untuk meninggalkan rumah saat mudik. Pasalnya, rumah kosong ketika hari raya seringkali menjadi incaran maling. 

Tapi, tak hanya maling yang perlu Anda antisipasi ketika meninggalkan rumah saat mudik,namun juga keamanan listrik dan tabung gas kompor. Yang ditakutkan, kedua hal ini kerap menjadi penyebab kebakaran. Karena itu, sebelum Anda berangkat mudik, ada baiknya mengikuti tips aman meninggalkan hunian ini:
 
1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi atau meletakkan sandal atau sepatu di depan pintu rumah.

2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang tunai dan perhiasan diletakkan  di  lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.

3. Pastikan semua aliran listrik aman, dan tidak ada perangkat elektronik yang menyala  untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran. Yang diperlukan cukup menyalakan satu lampu untuk menghindarkan kesan rumah kosong. Jika Anda ingin mematikan aliran listrik, gunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di-setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan.

4. Matikan Aliran Air, dan mencabut selang tabung gas kompor.

5. Laporlah kepada ketua RT/RW setempat tentang kepergian Anda. Berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi. Apabila terjadi hal-hal darurat Anda akan mudah dihubungi. Titipkan rumah pada tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan rumah.

6. Jika perlu, pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah, atau pasang camera tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.

7. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.viva.co.id

TAG mudik
Komentar