Agar Tulang Tidak Keropos, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Ilustrasi. (Dok:net)
Ilustrasi. (Dok:net)

TitikNOL - Manusia memiliki 206 tulang dalam tubuh. Tulang berfungsi sebagai penunjang tubuh manusia yang sangat penting agar kita dapat beradptasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Seiring bertambahnya usia, tulang di dalam tubuh akan menjadi lebih mudah rapuh. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti organ lainnya.

Tulang terdiri dari kolagen dan kalsium. Namun, sering kali zat kalsium menurun dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti osteoporosis.

Penyakit ini biasanya terjadi karena berbagai faktor, seperti gaya hidup yang buruk. Mulai dari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, serta kekurangan gizi. 

Kalsium bisa diperbanyak dengan mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu yang mengandung zat ini. Dilansir Bold Sky, inilah makanan dan minuman yang dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan tulang Anda. 

1. Susu 

Susu merupakan minuman yang kaya akan kalsium. Setidaknya, susu menyediakan sekitar 30 persen dari dosis harian kalsium yang diperlukan untuk tulang. 

Selain itu, terdapat vitamin D dalam susu yang membantu penyerapan kalsium dari berbagai makanan. Hasilnya, tulang menjadi lebih kuat dan terjaga kesehatannya.

2. Keju

Keju, atau makanan olahan susu yang juga kaya akan kalsium. Sama halnya dengan susu, keju mengandung vitamin D, bahkan dengan jumlah lebih banyak agar tulang kuat, tidak mudah rapuh. 

3. Yogurt

Yogurt kaya akan kandungan kalsium sama halnya susu. Karena itu, bagi Anda yang tidak menyukai susu karena rasanya yang kadang membuat rasa mual, yogurt menjadi pilihan yang menyegarkan. Belum lagi, banyak yogurt yang diberikan rasa buah. 

4. Salmon

Ikan salmon mengandung zat kalsium tinggi. Setidaknya dalam 3 ons salmon terkadung 181 gram kasium yang tak hanya baik untuk tulang, namun juga kesehatan jantung. 

5. Sarden

Ikan sarden juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh orang yang mengkonsumsinya. Selain itu, dalam ikan ini terkandung asam lemak dan omega 3. Menariknya, harga ikan ini biasanya sangat terjangkau.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Sumber: www.republika.com

TAG tulang
Komentar