Akan Jadi Perhatian Dunia, Kepolisian Dubai Gunakan Motor Terbang untuk Berpatroli

Kepolisian Dubai menggunakan Hoversurf Scorpion-3, yaitu sebuah prototipe hoverbike untuk menjalankan penegakan hukum. (Dok: arabianbusiness)Kepolisian Dubai menggunakan Hoversurf Scorpion-3, yaitu sebuah prototipe hoverbike untuk menjalankan penegakan hukum. (Dok: arabianbusiness)

TitikNOL - Sebagai kota yang paling futuristik, Dubai yakin dapat menarik perhatian dunia dengan penggunaan teknologi paling mutakhir. Kepolisian Dubai telah dilengkapi dengan robot autonomus kecil untuk menjalankan penegakan hukum dengan hoverbike yang keren.

Dilansir dari Sciencealert, Senin (16/10/2017), petugas polisi udara akan menggunakan Hoversurf Scorpion-3, yaitu sebuah prototipe hoverbike yang dibuat oleh perusahaan pembuat pesawat tak berawak Rusia yang terungkap awal tahun ini. Scorpion-3 bertenaga listrik tersebut tampak seperti persilangan antara sepeda motor dan dengung quadcopter.

Teknologi baru yang dipekerjakan oleh polisi kota tersebut diungkap pada Gitex 2017, yaitu sebuah pameran teknologi internasional yang dilaksanakan di Dubai World Trade Center. Saif Salem Al Kaabi dari Bagian Inovasi Teknis di Kepolisian Dubai menjelaskan, hoverbike yang ditunjukkan di etalase masih merupakan prototipe, dan kepolisian telah menandatangani kesepakatan dengan pengembang Hoversurf untuk memproduksi keseluruhan armada.

Sepeda motor udara tersebut akan diprogram untuk dapat terbang pada ketinggian maksimum 5 meter dan dengan 1 muatan motor listrik yang dapat membawa seseorang selama 25 menit dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. Menurut sebuah postingan di Facebook oleh CEO Hoversurf, Alexander Atamanov, hoverbike tersebut akan memegang rekor dunia di ketinggian 28,5 meter.

Namun seperti yang diungkapkan oleh Al Kaabi, demi alasan keamanan selama penggunaan, perwira akan dibatasi hanya menempuh jarak 5 meter saja. Sebelum membiarkan quadcopters yang diujicobakan tersebut lepas di jalanan, polisi Dubai akan melakukan lebih banyak pengujian untuk memutuskan situasi terbaik untuk penggunaannya.

Asumsi pertama yang dapat dipegang adalah bahwa hoverbike dapat digunakan di daerah yang sulit dijangkau polisi dengan kendaraan biasa, atau dalam keadaan darurat terbang di atas kemacetan lalu lintas.

Berita ini telah tayang di okezone.com, Selasa 17 Oktober 2017 dengan judul Keren! Polisi Gunakan Teknologi Motor Terbang untuk Patroli

Komentar