Akhir 2018, Qualcomm Sebut Akan Ada yang Rilis Ponsel 5G

Ilustrasi. (Dok: Digitaltrends)Ilustrasi. (Dok: Digitaltrends)

TitikNOL - Qualcomm menyebut bahwa partnernya yang agresif akan meluncurkan smartphone 5G mereka akhir tahun ini. Hal ini disampaikan oleh Durga Prasad Malladi, Senior Vice President of Engineering Qualcomm dalam pembicaraannya dengan Economic Times India.

Ia mengungkap bahwa sebagian besar rekanannya menyiapkan smartphone 5G pada 2019.

"Tergantung dari wilayahnya, beberapa dari mereka begitu agresif, sehingga mereka akan melakukannya [peluncuran smartphone 5G] pada akhir 2018."

Menurutnya langkah ini diambil lantaran sejumlah operator di beberapa negara sudah menyatakan kesiapannya untuk menggelar jaringan 5G akhir tahun ini hingga awal 2019.

Meski demikian, Malladi menyebut beberapa dari operator tersebut mungkin hanya menjalankan jaringan yang mendekati kecepatan 5G yang mencapai hitungan gigabita.

"Mereka [operator] bisa menjalankan [jaringan 5G] dengan kecepatan mulai dari 1 hingga 4,5GB perdetik. Tergantung pada pita [frekuensi] yang mereka gunakan."

Malladi juga melihat bahwa digelarnya layanan 5G akan mendorong meningkatnya permintaan terhadap perangkat yang mengonsumsi data dalam volume besar.

"Bisa jadi itu adalah perangkat tablet atau laptop terkoneksi yang menjadi bagian besar dari inisiatif kami. Kami telah banyak membeberkan soal laptop yang menggunakan chipset Snapdragon," tandasnya, seperti ditulis The Economic Times.

Sebelumnya, Qualcomm memang sempat mengumumkan bahwa pihaknya akan menggandeng sejumlah produsen laptop. Para produsen ini telah berkomitmen untuk membuat laptop bersistem operasi Windows dengan chipset Snapdragon milik Qualcomm.

Berita ini telah tayang di cnnindonesia.com, dengan judul: Qualcomm Sebut Akan Ada Ponsel 5G yang Dirilis Akhir 2018

Komentar