Atasi Bau Mulut Secara Alami dengan Bahan Berikut

Ilustrasi. (Dok: Antero)Ilustrasi. (Dok: Antero)

TitikNOL - Bau mulut membuat seseorang jadi tak percaya diri dalam beraktivitas. Ada cara mencegahnya yang mudah dilakukan, yakni berkumur-kumur dengan obat kumur alami.

Setiap orang disarankan untuk menjaga kebersihan rongga mulut, sekaligus menjaga agar tetap wangi sepanjang hari. Daripada menggunakan obat kumur instan dengan zat kimia, lebih baik Anda menggunakan produk alami.

Karena selain mengandung zat kimia, obat kumur siap pakai mengandung alkohol. Lama-lama, bahan tersebut bisa mengikis gigi karena dianggap 'tajam'.

Consultant Dental Bhumika Madan dari Aakash Healthcare Super Specialty Hospital mengatakan, seseorang dianjurkan untuk rajin kumur dengan obat kumur alami. Banyak pilihan jenisnya yang mudah ditemui.

"Contohnya, kayu manis, peppermint, cuka sari apel, minyak daun teh, peterseli jadi beberapa daftar obat kumur yang aman," ujar Madan, dilansir Zeenews, Selasa (27/3/2018).

Untuk penggunaan, Anda bisa memakai langkah-langka berikut yang mudah diterapkan. Simak ulasannya lebih lanjut agar tak penasaran ya.

Kayu manis dan cengkeh

Ambil satu cangkir air matang, lalu teteskan 10 hingga 15 kali minyak kayu manis dan cengkeh. Campurlah sampai merata. Lalu, gunakan sebagai obat kumur alami yang ampuh merawat kesehatan gigi dan mulut dalam waktu panjang.

Cuka sari apel

Tuang dua sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air. Tambahkan garam dan minyak esensial vanila dalam mangkuk, aduk rata. Simpan campuran dalam botol yang aman. Usai gosok gigi pakalah untuk kumur. Selain mengusir bau mulut, Anda juga terbebas dari plak yang menempel di gigi, yang akhirnya berubah jadi kuning.

Peppermint dan minyak daun teh

Tambahkan satu cangkir matang, dua sendok teh baking soda, 8-9 lembar daun peppermint dan dua tetes minyak daun teh. Campur semua bahan dengan baik. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda mengocoknya dalam toples sampai rata. Tunggu sekiranya sampai baking soda mengendap di bagian bawah. Gunakan untuk kumur-kumur secara rutin.

Peterseli dan daun mint

Ambil blender, tambahkan dua sendok makan peterseli, dua sendok makan daun mint, satu cangkir air matang dan campurkan semuanya selama sekira dua menit. Tuangkan hasilnya melalui saringan untuk menghilangkan sisa herbal. Lalu, letakkan di wadah atau botol bersih dan tutup rapat. Pakailah satu sendok teh cairan ini, bersama dengan segelas kecil air untuk kumur.

Air garam

Air garam jadi obat kumur sederhana yang mudah dibuat. Caranya, campur satu cangkir air hangat dengan satu sendok makan garam. Aduk hingga rata, gunakan untuk kumur-kumur sampai terasa kesat.

Biji jintan

Biji jintan selain digunakan untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh, dapat digunakan untuk menjaga mulut bersih dan napas segar. Anda bisa menggunakan sebagai pilihan obat kumur yang aman. Caranya, campurkan segelas air dengan bubuk biji jintan. Campur sampai rata. Lalu, gunakan untuk kumur setelah gosok gigi.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: 6 Ramuan Obat Kumur Alami Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Komentar