Awas, Makanan Sehat Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Berlebihan

Ilustrasi. (Dok: Kompas)Ilustrasi. (Dok: Kompas)

TitikNOL - Tubuh membutuhkan makanan yang kaya nutrisi agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Ada ratusan makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Namun, ternyata ada juga makanan sehat yang justru bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Simak artikel ini untuk mengetahui deretan makanan tersebut.

Sehat, namun berbahaya jika berlebihan

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa sayur dan buah merupakan dua jenis makanan yang paling sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Tapi faktanya, terdapat beberapa jenis sayur dan buah yang bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebih.

Dikutip dari laman The Healthy, berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebih, termasuk yang bukan sayur dan buah:

Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang kaya. Lemak ini merupakan lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, kulit, kuku, serta menurunkan kolesterol.

Akan tetapi, mengonsumsi terlalu banyak lemak dalam bentuk apa pun bukanlah ide yang bagus untuk dilakukan. Diketahui bahwa alpukat memiliki sekitar 250 kalori/buah yang bisa meningkatkan berat badan secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Cokelat hitam

Selain buah, makanan manis yang bisa Anda konsumsi dan baik untuk tubuh adalah cokelat hitam. Cokelat hitam dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun, cokelat hitam juga memiliki kandungan gula yang jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan diabetes dan obesitas. Terlebih lagi jika Anda memakan cokelat hitam yang dijual di supermarket. Pastikan untuk membaca terlebih dahulu komposisi apa saja yang tertera pada label kemasan.

Selai kacang rendah lemak

Kandungan lemak yang dikurangi pada selai kacang rendah lemak biasanya akan dikompensasi dengan tambahan gula agar rasanya tetap enak. Dengan demikian, kalori yang terkandung dalam selai kacang rendah lemak akan sama saja dengan selai kacang biasa.

Tomat

Tomat memiliki sifat asam yang jika dikonsumsi secara berlebih mampu meningkatkan risiko mag. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, konsumsi tomat secara berlebih juga bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung yang disebut dengan GERD, yang memberikan gejala seperti rasa nyeri atau panas di dada serta sesak napas.

Bayam

Tidak hanya tomat, dr. Karin juga mengatakan bahwa sayuran hijau seperti bayam memiliki efek yang buruk bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebih.

“Bayam memang mengandung zat besi, lutein, dan karotenoid yang baik untuk mencegah anemia dan menjaga kesehatan mata. Tapi, bayam juga mengandung oksalat yang bisa berubah menjadi kirstal dan bisa menimbulkan batu ginjal. Untuk mencegah hal ini, konsumsilah bayam sebanyak satu sampai dua kali saja dalam seminggu,” ujar dr. Karin.

Brokoli

Brokoli juga menjadi deretan sayur yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebih. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung gas tinggi yang bisa membuat perut Anda jadi kembung dan asam lambung naik.

“Hindari juga makan brokoli yang dibarengi dengan kol. Kandungan gasnya akan bertambah dua kali lipat jika Anda mengonsumsi keduanya secara bersamaan,” tambah dr. Karin.

Daging merah

Daging merah adalah sumber protein yang dapat membantu membangun tulang dan otot yang sehat. Namun, beberapa penelitian mengatakan bahwa terlalu banyak memakan daging merah – terutama yang mengandung lemak jenuh tinggi – bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, kanker, dan peningkatan risiko kematian. Konsumsilah daging merah dalam jumlah sedang dan batasi hanya satu atau dua kali per minggu.

Anggur merah

Anggur merah terbukti baik untuk tubuh karena memiliki kandungan flavonoid yang mampu melindungi organ jantung dari radikal bebas. Flavonoid juga terbukti mampu menghambat penggumpalan sel-sel darah dan merangsang produksi oksidasi nitrit, sehingga pembuluh darah menjadi lebar.

Akan tetapi, alkohol dalam bentuk apa pun tetap bisa merusak tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Selain menyebabkan ketergantungan, anggur merah juga bisa membuat orang yang meminumnya mengalami kanker, hipertensi, pengerasan hati, stroke, dan depresi.

Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Namun, jika setiap hari Anda mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak, warna kulit Anda bisa berubah menjadi oranye. Meskipun demikian, warna kulit Anda dapat kembali seperti semula setelah jumlah konsumsi wortel dikurangi.

Tuna kaleng

Tuna kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Ikan ini dapat dimakan dengan tanpa menu lain atau ditambahkan pada sandwich dan salad untuk makan siang yang sehat.

Namun, ketika dimakan secara berlebih, tuna dapat menyebabkan tingginya kadar merkuri pada tubuh. Ini sangat berbahaya bagi wanita hamil dan janin di dalam kandungannya.

Itulah beberapa makanan sehat yang rupanya tidak boleh Anda makan secara berlebihan. Agar terhindar dari risiko yang ditimbulkannya, batasi asupan 10 makanan di atas dan imbangi dengan pola hidup sehat seperti berolahraga.

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: 10 Makanan Sehat ini Tidak Boleh Anda Makan Berlebihan

Komentar