Beberapa Jenis Makanan yang Harus Dihindari Bagi Pemilik Kulit Sensitif

Ilustrasi. (Dok: iNews)
Ilustrasi. (Dok: iNews)

TitikNOL - Orang dengan kulit sensitif harus menjaga kulit mereka dengan baik. Jika tidak, rentan muncul jerawat, ruam, gatal, dan kemerahan pada kulit sensitif.

Tak hanya itu, orang dengan kulit sensitif pun harus menggunakan produk perawatan khusus.

Sayangnya menurut studi, ada beberapa makanan atau minuman yang memiliki efek antiinflamasi. Makanan tersebut dapat mempercepat munculnya peradangan yang menimbulkan gejala atau masalah di kulit sensitif.

Apa saja pantangan atau makanan yang dilarang untuk orang kulit sensitif? Simak ulasan berikut ini.

1. Makanan Mengandung Gluten

Gluten merupakan protein yang ditemukan di dalam sumber makanan, seperti biji gandum, barley, dan gandum hitam.

Gluten dapat memengaruhi kulit orang sensitif karena protein tersebut mampu menghancurkan usus vili. Usus vili memiliki fungsi untuk membuat makanan di dalam usus terserap sempurna.

Akibatnya, dapat timbul banyak gejala seperti gatal dan ruam di kulit. Orang dengan intoleransi gluten juga dapat mengalami berbagai masalah kulit jika tetap mengonsumsi gluten.

2. Makanan Tinggi Gula

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan menyarankan agar orang dengan kulit sensitif menghindari makanan mengandung tinggi gula. “Makanan tinggi gula mudah memicu munculnya sel radang,” kata dr. Iqbal.

Makanan tinggi gula pun lebih mudah menimbulkan jerawat di wajah. Contoh makanan tinggi gula adalah biskuit, kue, permen, minuman berkarbonasi, dan makanan manis lainnya.

3. Produk Olahan Susu

Pantangan makanan untuk kulit sensitif selanjutnya adalah produk susu. Produk susu dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam dan peradangan sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Lalu, protein di dalam susu, air dadih, dan kasein dapat memicu reaksi alergi. Sebab, kasein dan air dadih sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Bila produk susu tersebut telah dipasteurisasi dan ditambahkan dengan pengawet, hormon, serta bahan kimia lainnya, kondisi peradangan pun semakin rentan terjadi. Makanan yang mengandung susu adalah keju, mentega, es krim, dan puding.

4. Putih Telur

Ketika mengonsumsi putih telur, sistem kekebalan tubuh orang dengan kulit sensitif dapat melihatnya sebagai zat asing.

Nantinya, sistem kekebalan tubuh akan merespons dengan mengeluarkan histamin, yakni zat inflamasi yang dilepaskan tubuh saat terjadi reaksi alergi.

Akibat reaksi tersebut, bisa muncul ruam dan gatal-gatal. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari konsumsi putih telur secara berlebihan.

5. Kedelai

Alergi protein dari kacang kedelai sangat umum terjadi. Orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami gatal-gatal atau timbulnya jerawat setelah mengonsumsi kedelai.

Alergi kedelai dapat menyebabkan kulit jadi memerah. Makanan yang mengandung kedelai adalah roti dan sereal.

6. Anggur atau Wine

Semua orang yang memiliki kulit sensitif harus menghindari buah anggur merah dan anggur putih. Kandungan tanin di dalam anggur merah dapat menyebabkan gatal-gatal atau kemerahan pada kulit orang sensitif.

Oleh karena itu, bagi pemilik kulit sensitif, batasi konsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari anggur.

Selain makanan-makanan di atas, orang yang memiliki kulit sensitif harus memilih sabun mandi atau sabun pembersih wajah yang sesuai. Setelah itu, hindari merokok atau paparan asapnya.

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: Daftar Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Komentar