Beberapa Kesalahan yang Umum Dilakukan saat Mandi

Ilustrasi. (Dok: Tamil)
Ilustrasi. (Dok: Tamil)

TitikNOL - Kebersihan tubuh sangatlah penting supaya terhindar dari penyakit, untuk menjaga tubuh agar tetap bersih, setiap orang pasti akan mandi. Mandi menggunakan sabun pun menjadi salah satu menjauhkan tubuh dari kuman.

Namun, siapa sangka selama ini ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat mandi. Dilansir dari BrightSide, Kamis (18/10/2018), berikut merupakan 6 kesalahan umum yang kerap dilakukan saat mandi dan dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

1. Tidak mandi setelah berolahraga.

Setelah berolahraga, biasanya orang tersebut akan mandi karena merasa badannya bau. Namun ternyata alasan mengapa harus mandi setelah olahraga adalah berkeringat akan menstimuasi produksi bakteri pada kulit. Seringkali akan menyebabkan ruam pada bagian tubuh tertentu. Jadi, disarankan untuk mandi sesegera mungkin sehabis olahraga.

2. Terlalu sering mandi dan keramas

Bagi Anda yang memiliki rambut tipis dan mudah rontok, sebaiknya tidak mencuci rambut setiap hari. Keramas baiknya dilakukan dua kali seminggu supaya kelembapan di rambut tetap seimbang.

Terlalu sering mandi juga akan membuat kulit jadi kering karena air dapat membunuh bakteri baik. Ini mungkin dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Cukup mandi dua kali setiap hari.

3. Membungkus rambut basah dengan handuk.

Kebiasaan setiap wanita ketika selesai keramas adalah membungkus rambut dengan menggunakan handuk. Cara tersebut sebenarnya salah karena akan membuat rambut menjadi sangat rentan dan mudah patah. Ini akan membuat kelenjar sabasea berfungsi lebih aktif dan membuat rambut terlihat kurang bersih dan rapi.

4. Lupa membersihkan kepala pancuran/shower.

Mungkin, sebagian orang mengabaikan hal ini. Memakai kepala pancuran yang tidak dibersihkan dapat berbahaya bagi kesehatan. Karat yang ada di kepala pancuran itu dapat membahayakan. Para ilmuwan menemukan bahwa ada banyak bakteri yang bersarang di kepala pancuran dan dapat menyebabkan penyakit paru-paru.

5. Menggunakan handuk yang sama terlalu lama.

Jangan memakan handung yang sama terlalu lama. Jika Anda menggunakan handuk yang belum benar-benar kering, dapat mempengaruhi kesehatan. Karena banyak bakteri yang menetap di handuk yang basah. Pakar mikrobiologi Philip Tiemo menyarankan handuk yang sama hanya boleh dipakai sebanyak 3 kali lalu dicuci.

6. Meninggalkan spons di kamar mandi.

Menyimpan spons di kamar mandi ternyata bukanlah ide yang bagus. Jika spons dalam keadaan basah, ini berarti Anda memberi kesempatan pada bakteri untuk menetap. Sebaiknya, simpan spons di area yang kering.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: 6 Kesalahan Mandi yang Umum Dilakukan Padahal Bisa Buat Tubuh Kena Penyakit

Komentar