Beipanjiang, Jembatan Tertinggi di Dunia Mulai Dioperasikan

Jembatan Beipanjiang. (Dok: economictimes)Jembatan Beipanjiang. (Dok: economictimes)

TitikNOL - Para penyuka ketinggian nampaknya harus mencoba adrenalin dengan melintas di Jembatan Beipanjiang. Jembatan yang diklaim sebagai tertinggi di dunia itu baru-baru ini telah dioperasikan di Cina.

Dengan ketinggian 565 meter, dari kejauhan jembatan itu tampak berada di atas awan. Pemandangannya makin mengesankan karena infrastruktur tersebut dikelilingi indahnya pegunungan.

Jembatan Beipanjiang melintang di atas sungai yang menghubungkan provinsi Yunnan dan Guizhou. Departemen transportasi provinsi Guizhou menyatakan, secara praktis jembatan itu bertujuan memotong tiga per empat waktu perjalanan normal antara dua provinsi.

Seorang sopir truk mengatakan, perjalanan antara dua daerah yang lazimnya empat jam kini bisa ditempuh dalam satu jam saja. Dengan begitu, jembatan tersebut memberikan akses yang lebih mudah bagi siapa saja yang ingin melakukan perjalanan dari Yunnan ke Guizhou atau sebaliknya.

Koran lokal Guizhou Daily mengabarkan, jembatan Beipanjiang memiliki total panjang 1.341 meter. Biaya pembangunannya yang menghabiskan waktu kurang lebih tiga tahun mencapai sekira satu miliar yuan.

Pemegang rekor sebelumnya untuk jembatan tertinggi di dunia juga berada di Cina, yakni Jembatan Sungai Si Du di Hubei. Namun, jembatan tertinggi di dunia diukur berdasarkan ketinggian strukturnya saja adalah Jembatan Millau di Prancis yakni 343 meter.

Sumber: www.republika.co.id

Komentar