Beli Rp1,5 Juta, Mesin Rongsok Ini Harganya Jadi 450 Kali Lipat saat Dilelang

Mesin enskripsi sandi milik tentara Nazi, German Wehrmacht Enigma I. (Dok: jpost)
Mesin enskripsi sandi milik tentara Nazi, German Wehrmacht Enigma I. (Dok: jpost)

TitikNOL - Sebuah mesin tik tua dijual di pasar loak seharga 100 euro atau sekitar Rp1,5 juta. Namun saat dilelang, mesin tik ini justru laku dengan harga 450 kali lipat dari harga belinya.

Dilansir laman BBC, Kamis 13 Juli 2017, manajer konsinyasi koleksi di pusat lelang Artmar, Christine Gavrilam, mengatakan mesin tik ini sebenarnya adalah sebuah mesin cipher alias mesin enskripsi sandi milik tentara Nazi. Mesin in bernama German Wehrmacht Enigma I.

Enigma ini digunakan untuk menerjemahkan dan mengirim kode rahasia kepada tentara Nazi selama Perang Dunia II. Mesin tersebut dibuat di Jerman dan kodenya dibuat dengan enskripsi elektromagetik.

Nah, mesin enskripsi ini pernah dibajak oleh seorang matematikawan bernama Alan Turing dan timnya di Taman Bletchley.

“Seorang kolektor membelinya di pasar loak. Dia adalah seorang profesor kriptografi dan dia tahu baik ketika membeli mesin ini,” kata Gavrilam.

Dia mengatakan, Artmark melelang mesin ini secara online. Harga lelangnya dimulai dari 9 ribu poundsterling atau sekitar Rp154,77 juta. Tapi, mesin ini justru laku terjual seharga 45 ribu poundstering atau sekitar Rp486,17 juta.

Berita ini telah tayang di Dream.co.id, Kamis 13 Juli 2017 dengan judul Dibeli Rp1 Juta, Ternyata Mesin Rongsok Langka Bekas Nazi

Komentar
Tag Terkait