Bikin Masakan Sehat di Rumah Itu Mudah, Jadi Jangan Malas

ilustrasi. (Dok: Tribunnews)ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Tahun baru selalu dijadikan momentum bagi setiap orang untuk berubah menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memulai untuk hidup lebih sehat.

Belakangan ini, masyarakat Indonesia sudah mulai sadar untuk hidup lebih sehat seiring dengan meningkatnya penyakit seperti diabetes, jantung hingga stroke akibat gaya hidup tak sehat. Untuk menunjang hal tersebut, masyarakat pun mulai menjalani hidup sehat dengan memilih mengonsumsi makanan sehat.

Sayangnya, kendala yang sering dihadapi seseorang yang ingin makan sehat adalah adanya pemikiran bahwa mereka harus mendapatkan bahan makanan yang mahal dan jarang tersedia di pasar-pasar tradisional. Namun, hal itu dibantah oleh Healthy CooK Chef Muhammad Reza Mahani.

"Enggak ada persyaratan khusus, bisa gunakan bahan-bahan yang tersedia di pasar. Yang penting, itu cara masak yang benar dan mengetahui nilai kalorinya," kata dia dalam bincang Shopee di Almond Cooking Studio Jakarta Selatan, Selasa 22 Januari 2019.

Dia menjelaskan, untuk membuat makanan sehat di rumah bisa dengan teknik grill. Itu, karena proses memasaknya cepat dan mudah dilakukan.

"Supaya enggak bosan bisa mainin di bahan dan metode masak. Misalnya, hari ini rebus-rebusan, berikutnya ada steam, lalu ada tumis. Lebih main di ingredients," ujarnya.

Selain itu, Reza menyarankan, selalu mengonsumsi buah-buahan dengan cara dijus atau dicampurkan dengan sayur menjadi salad. Jus, kata dia, menjadi alternatif bagi mereka yang sulit untuk makan buah.

"Banyak konsumsi buah dan sayuran. Mixing buah dan sayuran dressing sendiri bisa. Konsumsi jus di pagi dan sore, ada jam ngemil diselingi dengan jus," ucap Reza. (asp)

Berita ini telah tayang di www.viva.co.id dengan judul Jangan Malas, Bikin Makanan Sehat di Rumah Itu Mudah

Komentar