BlackBerry Tinggalkan OS Besutan dan Beralih Sematkan OS Android Sepenuhnya

(Foto:net)(Foto:net)

TitikNOL - Kendati dikabarkan akan beralih sepenuhnya ke Android, BlackBerry berulang kali mengonfirmasi bahwa pihaknya tak akan meninggalkan OS mobile besutannya, BlackBerry 10. Dalam proyek terbarunya untuk mengembangkan platform Android, namun perusahaan ternama ini akan tetap mengembangkan OS Blackberry miliknya.

Sebelumnya, banyak pihak yang memprediksi bahwa BlackBerry akan meninggalkan BB10. Pasalnya, Android sendiri memiliki kinerja yang lebih optimal dan mendukung berbagai aplikasi. Prediksi ini semakin bulat tatkala salah seorang petinggi BlackBerry mengutarakan hal serupa.

 

Senior Director of Asia Pacific Product Management BlackBerry, Damian Tay, mengungkapkan bahwa pihaknya tak akan berkonsentrasi untuk mengembangkan dua platform sekaligus.

Setelah pengembangan platform Android telah berhasil, nampaknya BlackBerry akan menyematkan OS besutan google ketimbang OS besutannya sendiri. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Tay, “Perangkat Priv merupakan transisi esensial kami ke ekosistem Android. Saat kami mengamankan Android, selama beberapa periode waktu, kami tidak akan memiliki dua platform, dan mungkin hanya memiliki Android sebagai platform (untuk smartphone).”

Tay juga menambahkan bahwa untuk saat ini, BlackBerry memang memiliki BB10 dan Android untuk ponsel pintarnya. Namun untuk masa depan, nampaknya BlackBerry memilih Android karena ekosistem aplikasi yang mendukungnya.

Pernyataan Tay tersebut tak mengungkapkan strategi yang akan diusung oleh BlackBerry nantinya. Namun, pernyataan tersebut seolah-oleh Tay membocorkan bahwa pihaknya akan menghentikan pengembangan dari smartphone dengan dukungan BB10.

Rencana pengembangan Android oleh BlackBerry ini nampaknya berhasil menggebrak pasar, mengingat di tahun 2015 lalu, Blackberry telah merilis BlackBerry Priv, smartphone berbasis Android pertamanya ke pasaran. Angka penjualan dari smartphone ini memang tak disebutkan, namun BlackBerry mengklaim bahwa Priv telah berhasil mencapai kesuksesan.

Berbeda dengan Tay, CEO BlackBerry, John Chen menyanggah pernyataan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa BlackBerry akan tetap berkonsentrasi untuk mengembangkan kedua platform tersebut. Yang artinya, BB10 tak akan ditinggalkan.

Setelah merilis Priv, smartphone berbasis Android, perusahaan yang bermarkas di Kanada ini nantinya akan menggarap ponsel terbaru dengan sistem operasi BB10 di dalamnya.

 

 

 

Sumber: www.trentekno.com

Komentar