BMW Seri-8 Segera Diproduksi Awal Tahun 2018

BMW Seri-8. (Dok: topgear)
BMW Seri-8. (Dok: topgear)

TitikNOL - Pada akhir Mei 2017, BMW perkenalkan mobil konsep Seri-8 di ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este, Cernobbio di Italia. Kali ini, manufaktur asal Jerman mengkonfirmasi coupe mewah itu masuk lini produksi dan segera dipasarkan.

Dilansir dari Reuters, produksi awal dilakukan 2018 mendatang untuk varian coupe dan convertibel menyusul di tahun berikutnya. BMW memilih fasilitas produksi yang ada di Dingolfing, Jerman Selatan, untuk membuat mobil ini. Pabrik dimaksud juga jadi fasilitas produksi untuk Seri-3 dan Seri-7.

BMW Seri-8 dibuat dengan menggunakan platform CLAR, yang juga digunakan BMW untuk Seri-5 dan Seri-7. Bentuk aslinya belum ketahuan, tapi beberapa media luar negeri mengatakan kemungkinan wujudnya tidak berubah banyak dari konsep yang dipertontonkan di Italia.

Melihat dari versi konsep, mobil ini memiliki desain kupe yang menggoda dengan tampilan futuristik. Di bagian depan, terdapat kidney grille besar diapit headlamp berdesain runcing. Bagian sisi dibuat lubang udara berukuran besar serta pelek alloy, yang dikatakan BMW terbuat dari bahan ringan. Sementara di buritan, bemper belakang dibuat agresif dan dibubuhi knalpot ganda, yang menandakan mobil ini punya performa besar.

Meski belum mengungkapkan spesifikasi detail mobil ini, kabarnya Seri-8 dipasarkan dengan menggunakan beberapa opsi mesin berimbuhan turbocharged. Salah satunya, enam silinder berkapasitas 3.0 liter. Selain itu, tersedia juga versi bermesin V12 twin turbo, berpenggerak AWD (xDrive). Konfigurasi ini serupa dengan yang digunakan BMW M760Li xDrive. Mesin yang bisa menghasilkan daya hingga 600 Hp.

Di awal tahun ini BMW telah mempatenkan sederet nama Seri-8 seperti 825, 830, 835, 850, 845, 860, M8, dan M850. Diperkirakan, BMW Seri-8 versi produksi diperkenalkan dalam ajang Geneva Motor Show yang berlangsung awal tahun depan. Sesudah meluncur nanti, mobil ini berhadapan langsung dengan Mercedes-Benz S-Class Coupe dan cabriolet.

BMW Seri-8 bukan nama baru. Mobil bertipe Grand Tourer ini sempat beredar antara tahun 1989 hingga 1999 dengan kode E31. Namun seri ini tidak berlanjut, BMW malah melanjutkan Seri-6 yang sebelumnya sempat terhenti juga. Seperti saling menutup celah lubang. Apakah dengan adanya Seri-8 terbaru BMW akan menyudahi Seri-6?

Berita ini telah tayang di oto.com, Kamis 28 September 2017 dengan judul BMW Segera Produksi Seri-8

Komentar