Cara Ampuh Tenangkan Anak yang Menangis Minta Gadget

Ilustrasi. (Dok: Bernas)
Ilustrasi. (Dok: Bernas)

TitikNOL - Sebagian anak kecanduan gadget atau gawai. Mereka pun akan sulit melepaskannya. Jika orangtua memaksa mengambil perangkat pintar tersebut, maka anak akan menangis, bahkan bisa mengamuk.

Anak yang terlalu sering mengoperasikan gadget akan mengalami hal-hal buruk. Seperti gangguan pada penglihatan hingga mental. Maka itu, orangtua harus secepat mungkin mencegah anak tergantung pada gadget.

Lalu bagaimana jika anak sudah sangat mengenal gadget? Bagaimana langkah mengatasinya? Dirangkum dari laman Times of India, Kamis (21/1/2021), berikut ini cara ampuh supaya orangtua bisa menjauhkan gadget dari anak.

1. Bermain bersama

Luangkan waktu untuk menemani anak bermain bersama. Hal ini bisa jadi cara ampuh supaya si buah hati tidak melulu bermain di depan layar gadget. Sebagaimana diketahui, layar gadget cukup berbahaya untuk kesehatan mata dan jaringan otak anak-anak.

2. Memberikan pelukan

Mengambil gadget secara paksa maka akan membuat anak menangis dan meminta kembali supaya mainannya itu dikembalikkan. Apabila itu terjadi, coba peluk erat si anak. Tenangkan mereka dan tunjukkan bahwa Anda sebagai orangtua ada untuk mereka di saat menangis.

3. Matikan lampu

Terkadang mematikan lampu menjadi salah satu cara agar anak diam, sekaligus menenangkan mereka dari tangisan. Kemudian bisa juga membuka tirai jendela jika kejadiannya di siang hari.

4. Alihkan perhatian

Kemudian mengalihkan perhatian anak supaya tidak terlalu fokus bermain gadget. Misalnya, cobalah tanyakan warna kesukaannya, dan kegiatan apa saja yang paling disukai.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: 4 Cara Ampuh Tenangkan Anak yang Menangis Minta Gadget

Komentar