Cara Masak Ayam Goreng Renyah dengan Air Fryer

Ilustrasi. (Dok: Carapedia)
Ilustrasi. (Dok: Carapedia)

TitikNOL - Jika kita membutuhkan cara cepat dan mudah untuk memasak, air fryer adalah pilihan yang tepat. Terlebih, alat dapur yang populer ini dapat memasak makanan hanya dalam hitungan menit dan juga bisa menjadi lebih sehat karena kita tidak perlu menggunakan terlalu banyak minyak goreng dalam proses memasak.

Dari sekian banyak hidangan, ayam goreng adalah salah satu menu terbaik yang bisa dibuat dengan menggunakan air fryer. Namun, kita harus tahu cara terbaik melakukannya untuk membuat ayam goreng terasa lebih lezat dan renyah. Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, berikut adalah metode yang sering digunakan para chef untuk menghasilkan ayam goreng terbaik saat memasak dengan menggunakan air fryer.

Cara kerja air fryer

Sebelum kita membahas cara memasak ayam dengan air fryer, mari kita mengetahui lebih dalam apa sebenarnya air fryer dan bagaimana cara kerjanya. Alat memasak ini telah mengalami peningkatan popularitasnya selama beberapa tahun terakhir, tetapi air fryer sebenarnya sudah ada selama lebih dari satu dekade.

Merek Phillips memulai debut air fryer pertama di pameran elektronik di Eropa pada tahun 2010. Dan sejak saat itu, orang-orang pun jatuh cinta dengan alat yang nyaman dan terjangkau ini.

Salah satu karakteristik utama yang membuat air fryer sangat disukai adalah kemampuannya untuk memasak makanan dengan bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang empuk, sangat mirip dengan makanan yang digoreng tetapi tanpa memerlukan penggunaan minyak yang banyak.

Hal ini dilakukan dengan menggunakan proses konveksi untuk menghasilkan udara panas dan menggunakan kipas untuk mengedarkan udara tersebut ke seluruh penggorengan.

Air fryer tidak hanya menyajikan metode "menggoreng" makanan yang lebih sehat dan tidak berantakan, tetapi alat ini juga terjangkau dan cukup kecil untuk diletakkan di meja dapur.

Apa yang bisa dimasak dengan air fryer?

Daftar makanan yang dapat kita masak dengan air fryer sangat beragam. Kita bisa memasak steak, kentang goreng, daging asap, wortel, brokoli, pizza, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Namun, saat menggunakan air fryer, kita sebaiknya menghindari memasak makanan seperti keju parut, kue-kue yang lembut, sayuran hijau, makanan dengan saus lengket, dan popcorn untuk membuat alat ini lebih mudah dibersihkan dan tahan lama.

Cara memasak ayam goreng dengan air fryer Setelah mengetahui lebih banyak tentang air fryer dan apa yang dapat dilakukannya, sekarang saatnya untuk belajar dari beberapa chef untuk memasak ayam goreng terbaik dengan alat tersebut.

Marinasi ayam

Karena air fryer secara alami memasak lapisan luar yang renyah, maka kita dapat menggoreng ayam hanya dengan sedikit bumbu dan tanpa adonan.

Tetapi, jika kita ingin menikmati ayam yang dilapisi tepung roti, kita juga dapat membalurinya dengan sedikit adonan sebelum memasukkannya ke dalam penggorengan. Agar bumbu meresap, potong ayam dalam ukuran sekali gigit. Seorang chef dan salah satu pendiri The Halal Butchery, Asim Choudhry menyarankan untuk memotong ayam menjadi beberapa bagian.

Kemudian, bumbui ayam dengan garam, merica, dan bumbu lainnya sesuai selera, atau merendam ayam dengan susu untuk menambah cita rasa. Bagi mereka yang ingin melumuri ayamnya dengan adonan, Radwa Khalil, blogger makanan dan pendiri Healthy Life Trainer, merekomendasikan untuk melumuri ayam dengan tepung atau remah roti terlebih dahulu.

"Lapisannya harus tipis merata dan menyebar ke seluruh bagian ayam untuk mendapatkan efek yang diinginkan," sambung Khalil. Metode mana yang kita pilih tergantung pada seberapa renyah ayam yang kita inginkan, serta seberapa mudah prosesnya.

Untuk potongan ayam yang mudah dibersihkan dan tidak berantakan serta sedikit renyah, pilihlah metode membumbui dengan garam, lada, dan rasa favorit kita. Jika kita tidak keberatan dengan langkah ekstra untuk membuat adonan dan menginginkan sesuatu yang lebih renyah, cobalah metode melapisi ayam dengan tepung atau remah roti terlebih dahulu.

Panaskan air fryer

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memanaskan air fryer. "Orang mungkin melewatkan langkah ini, tetapi melakukannya sebelum memasukkan ayam ke dalam air fryer akan menghasilkan bagian luar ayam yang lebih renyah tanpa membuat dagingnya kering," kata Michael Haas, pitmaster dan pendiri Angry BBQ.

Untuk hasil terbaik, panaskan air fryer hingga 190 derajat celsius dan mletakkan potongan ayam dalam satu lapisan di air fryer setelah dipanaskan.

Memasak ayam di dalam air fryer

Saat air fryer sudah panas, masak ayam selama 15 menit, atau hingga berwarna cokelat keemasan dan matang.

"Pastikan untuk membalik potongan ayam di tengah-tengah proses memasak untuk memastikan kedua sisinya matang secara merata," terangChoudry.

"Jika kita mengikuti langkah-langkah mudah ini, hasilnya adalah ayam goreng lezat yang berwarna keemasan dan renyah di bagian luar, serta juicy dan empuk di bagian dalam," jelas dia.

Dan bagian terbaik dari semuanya adalah kita akan mendapatkan sepiring ayam yang luar biasa dengan sedikit waktu dan energi yang dihabiskan untuk membuatnya.

Berita ini telah tayang di lifestyle.kompas.com, dengan judul: Cara Terbaik Masak Ayam Goreng Renyah dengan Air Fryer

Komentar