Cara Memilih Sarung Tangan Sepeda Motor Selama Masa PSBB Berlangsung

Ilustrasi. (Dok: Grid)
Ilustrasi. (Dok: Grid)

TitikNOL - Sarung tangan merupakan salah satu atribut wajib yang harus dikenakan pesepeda motor ketika berkendara di area yang sudah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penularan wabah virus corona (Covid-19).

Sarung tangan wajib dipakai buat mengurangi risiko penularan Covid-19. Seperti diketahui para ahli menjelaskan virus corona bisa bertahan hidup selama beberapa waktu di benda mati.

Penularan diprediksi bisa terjadi ketika permukaan yang terpapar virus corona tersentuh tangan lantas masuk ke tubuh seseorang setelah tangan itu menyentuh bagian wajah.

Meski demikian sebenarnya tanpa Covid-19 dan PSBB biker sudah seharusnya menggunakan sarung tangan yang gunanya melindungi dari risiko cidera, suhu dingin, dan membantu lebih aman memegang setang.

Di pasaran ada berbagai macam jenis sarung tangan yang bisa dipilih untuk dipakai selama masa pandemi virus corona dan PSBB. Namun memilih sarung tangan tidak bisa sembarang, berikut tips menentukan barang yang tepat seperti diutarakan Astra Honda Motor.

Pilih Bahan yang Sesuai

Di antara banyak jenis sarung tangan, ada dua bahan utama yang baik dipakai yakni kain dan kulit.

Masing-masing bahan itu memiliki karakter berbeda. Kain cocok digunakan saat udara panas sehingga dapat menyerap keringat, namun jika di udara dingin sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat.

"Sarung tangan berbahan kain memiliki karakteristik lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit karakternya lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitivitas pada jari sehingga perlu penyesuaian lebih, namun lebih aman untuk melindungi dari gesekan," kata Safety Riding Manager AHM Johannes Lucky melalui keterangan resmi perusahaan, dikutip Jumat (24/4).

Nyaman Dipakai

Pastikan sarung tangan yang dipakai tidak terlalu ketat sehingga sirkulasi darah dapat berjalan baik saat berkendara. Sarung tangan juga harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan.

"Para bikers juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal. Dianjurkan pemilihan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan," ucap dia.

Mudah Dibersihkan

Selama masa pandemi ada baiknya memilih sarung tangan yang mudah dibersihkan setiap hari sesuai anjuran aturan PSBB.

Caranya membersihkan sarung tangan yakni direndam dalam campuran air hangat yang sudah ditambahkan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit.

Kemudian, bersihkan perlahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan pelindung yang sensitif air sabun. Jangan gunakan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Selanjutnya bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan.

Proses pengeringan untuk bahan kain dapat dilakukan di bawah sinar matahari sementara sarung tangan kulit prosesnya cukup mengandalkan embusan angin hingga benar-benar kering.

Pastikan sarung tangan kering hingga sisi dalam, tidak perlu diperas agar tetap menjaga kualitas bahan kulit.

"Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan," kata Lucky.

Komentar